Anuskopi Adalah?

Apa itu Anuskopi?

Anuskopi atau dalam bahasa latinnya anoscopy merupakan sebuah prosedur medis sederhana yang dapat membantu seorang tenaga medis dalam hal ini dokter mengidentifikasi abnormalitas pada saluran pencernaan terutama di daerah anus dan rectum.

Untuk melakukan pemeriksaan anuskopi , seorang dokter akan melakukan sebuah alat yang disebut sebagai anuskop kedalam anus pasien. Anuscope ini umumnya terbuat dari bahan plastic (sekali pakai) atau terbuat dari stainless steel yang disterilisasi. Anuscope ini bertujuan untuk membantu dokter untuk melihat gambaran jaringan lunak sekitar anus dan rectum pasien.

Tindakan anuskopi dapat mengidentifikasi beberapa kondisi  medis dan penyakit yang dapat mempengaruhi system pencernaan bagian bawah, termasuk diantaranya kanker, robekan pada jaringan di rectum disebut sebagai fisura, hemoroid atau pembengkakan pada pembuluh darah pada anus atau rektum serta polip.

Persiapan?

Ketika Anda disarankan dokter untuk melakukan tindakan anuskopi, anda sebelumnya harus mengosongkan isi perut dan pencernaan sebelum prosedur dilakukan. Ini ditujukan untuk memberikan kenyamanan pada saat prosedur anuskop dilakukan. Sebelum anuscope dilakukan pada anus, dokter akan memberikan obat-obatan laxative, atau enema untuk benar-benar mengosongkan perut atau saluran cerna sebelum anuskopi dilakukan dokter.

Tentang Anuskopi?

Anuskop adalah tabung berongga yang kaku. Dengan panjang 7 – 13 cm, dengan diameter sekitar 4 cm. Anuskop di desai ringan untuk memudahkan dokter melakukan pemeriksaan ke dalam anus atau rectum biasanya disertai dengan bantuan cahaya untuk memperjelas lapang pandang dokter.

Sebelum anuskop dimasukan ke dalam anus, dokter akan meminta Anda untuk melepaskan pakaian dalam. Dokter akan meminta pasien pada posisi tertentu diatas meja tindakan atau dengan membungkuk. Setelah posisi tepat, dokter akan memasukkan anuskop yang sudah diberikan pelumas K-Y Jelly (atau produk serupa) ke anus atau rectum pasien.  

Anuskop dapat dilakukan untuk melihat beberapa kondisi kesehatan rectum dan anus yang meliputi; abses perianal, fisura, wasir, polip dan kanker rectum.

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image