APAKAH MAKANAN PEDAS PICU WASIR?

Apakah Anda termasuk orang-orang yang menyukai makanan pedas? jika ya, pasti ketika makan-makanan yang tidak pedas, makanan tersebut terasa kurang nikmat, bukan? Tapi, tahukah Anda beredar mitos yang mengatakan jika wasir atau ambeien disebabkan oleh makanan pedas?

LAYANAN Vena Wasir:
Call Center : 0821-1033-3310
Whatsapp Chat\Pendaftaran Online :
linktr.ee/venawasir

Wasir, ambeien atau dalam istilah medis disebut hemoroid, merupakan  kondisi di mana pembuluh darah di anus mengalami pembengkakan. Wasir biasanya disebabkan karena sulitnya buang air besar atau akibat duduk dalam keadaan yang sama dan lama. Bisa juga terjadi karena terlalu sering mengangkat beban berat, mengejan terlalu keras, obesitas dan kebutuhan serat dalam tubuh tidak terpenuhi.

Makanan pedas, seringkali dianggap sebagai  peyebab wasir lantaran rasa panas yang ditinggalkan pada anus sehabis buang air besar. Rasa panas ini ditimbulkan karena senyawa pedas yang menembpel pada jaringan. Sementara pada wasir, rasa panas sehabis buang air besar disebabkan oleh adanya penekanan pada vena yang sudah mulai membesar.

Wasir timbul bukan karena timbulnya rasa panas pada anus sehabis buang air besar, tapi wasir akan timbul jika mengonsusmi makanan pedas dalam jangka waktu panjang dan secara berlebihan. Hal ini dikarenakan makanan pedas akan mengiritasi pembuluh darah di sekitar anus sehingga terjadi bengkak. Makanan pedas bisa membuat mukosa bagian dalam mengalami peradangan lalu terjadi bengkak. Lama kelamaan akan muncul benjolan.

FAKTOR RISIKO WASIR

Selain karena makanan pedas, ada banyak faktor risiko yang bisa memicu terjadinya wasir, seperti jarang mengonsumsi makanan berserat, mengonsumsi alkohol, kurang cairan tubuh, dan genetika. Ada orang-orang yang memiliki kelenturan pembuluh darah dan ada yang tidak. Ini dipengaruhi faktor genetik, jadi walau pola makannya tidak sehat atau kurang serat ia tetap tidak kena wasir. Selain itu, terlalu banyak duduk juga bisa menyebabkan pembesaran pembuluh darah vena di daerah dubur. Terlalu banyak duduk, darah akan terkumpul di bokong dan lama-lama pembuluh darah melebar.

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image