Bagaimana Penanganan Wasir di Rumah?

Wasir merupakan salah satu penyakit yang sering membuat si penderita tak nyaman. Duduk tak enak, berdiri pun tak enak. Ini karena ada rasa perih dan mengganjal di bagian anus. Itu terjadi karena ada bagian anus yang menonjol ke luar. Bagi penderita yang sudah parah, daging tersebut tidak mudah dimasukkan kembali ke dalam anus.


LAYANAN Vena Wasir:
Call Center : 0821-1033-3310
Whatsapp Chat\Pendaftaran Online :
linktr.ee/venawasir

Penderita ambeien sering merasa malu ke dokter. Sebab penyakit ini sering dianggap sebagai bahan tertawaan orang lain. Maka, banyak orang yang memilih berobat dengan caranya sendiri. Baru setelah parah dan tak bisa disembuhkan, mereka baru berkonsultasi ke dokter.

Sebenarnya ada metode pengobatan rumah yang kerap dilakukan, dan sebagian diterima oleh sejumlah dokter. Metode itu dianggap dapat meringankan gejala wasir bahkan ada yang bisa menghilangkannya. Ada pun beberapa pengobatan rumah itu antara lain sebagai berikut:

1. Mandi air hangat.

Duduk di mana kedua kakinya ditaruh di dalam bak yang berisi air hangat. Air hangat itu menutupi kaki hingga mata kaki atau sekitar 30 centimeter. Menurut beberapa orang yang mengalaminya, cara ini bisa membantu meringankan pembengkakan dan mengurangi iritasi yang disebabkan oleh wasir.

2. Minyak kelapa.

Minyak kelapa, yang sudah tersedia dalam bentuk botol dan dijual secara online, bertindak sebagai pelembab alami. Ia dipandang sebagian orang dapat membantu meringankan gejala wasir, seperti iritasi dan pembengkakan. Caranya, minyak kelapa dioleskan di sekitar anus. Dengan cara itu, keinginan untuk menggaruk bisa dikurangi.

3. Es batu.

Meletakkan es batu atau kompres dingin ke wasir juga dapat membantu meringankan rasa sakit dan peradangan. Caranya pasien harus duduk lebih dulu. Lalu ees batu yang dibungkus plastik atau handuk dingin ditaruh di sekitar wasir. Langkah ini dapat membantu menghilangkan rasa sakit dan untuk sementara mengurangi pembengkakan. Pasien  harus memastikan untuk membungkus es dengan handuk kecil untuk menghindari kerusakan pada kulit. Biarkan es selama 15 menit dan ulangi prosesnya setiap jam.

4. Obat-obatan yang dijual bebas.

Dalam kasus di mana obat di rumah tak tersedia tapi rasa sakitnya terlalu besar, obat-obatan dan krim yang dijual bebas dapat memberikan bantuan sedikit untuk membuat pasien lega. Beberapa obat yang dijual tersedia di apotek, seperti asetaminofen atau ibuprofen. Sebaiknya mendapatkan obat tersebut melalui resep dokter. Atau bisa membeli krim kulit yang mengandung bahan-bahan seperti hidrokortison.

5. Minum banyak air

Menurut beberapa penelitian, kebanyakan masalah di sekitar seperti wasir disebabkan oleh kurangnya cairan dalam makanan. Orang lebih banyak makan tanpa kuah atau cenderung makan yang kering-kering. Selain itu juga kurang minum, sehingga feses cenderung mengeras. Di pihak lain, minum banyak cairan sepanjang hari membuat tinja lunak dan mudah diatur saat bekerja melalui usus. Hasilnya adalah tinja yang jauh lebih lembut yang membutuhkan lebih sedikit energi untuk mengeluarkan. Sehingga risiko terjadi iritasi pada anusyang dapat menimbulkan wasir, juga lebih rendah.

6. Diet kaya serat.

Diet tinggi serat sangat penting untuk kesehatan pencernaan. Serat dapat menyerap air, yang membantu melunakkan tinja dan membantu tubuh mendapat energi yang lebih banyak. Ini akan membuat tinja lebih mudah.

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image