BENARKAH ANAL SEX MENYEBABKAN WASIR?

Wasir atau dalam istilah medisnya hemoroid, merupakan kondisi di mana terjadinya pelebaran vena di dalam pleksus hemoroidalis yang terdapat di area anus dan  bukan merupakan keadaan patologis (tidak normal). Meskipun wasir tidak menyebabkan kematian, namun dapat menyebabkan ketidaknyamanan jika sudah membengkak, berdarah atau menonjol – keluar dari dubur ke luar anus.


LAYANAN Vena Wasir:
Call Center : 0821-1033-3310
Whatsapp Chat\Pendaftaran Online :
linktr.ee/venawasir

Dalam sebuah studi, International Journal of Colorectal Disease tahun 2012, dari 976 peserta, 39% menderita wasir. Diantara penderita wasir tersebut, 55% penderita, tidak mengalami gejala. 

GEJALA WASIR

  • Keluarnya darah berwarna terang ketika buang air besar
  • Benjolan pada anus
  • Anus terasa gatal atau nyeri
  • Keluarnya lendir setelah buang air besar

FAKTOR RISIKO

Wasir tidak timbul begitu saja, terdapat beberapa penyebab timbulnya wasir, yaitu:

  1. Keturunan, dinding pembuluh darah yang tipis.
  2. Usia, saat memasuki usia lanjut, timbul degenerasi dari seluruh jaringan tubuh, otot sfingter menjadi tipis dan atonis.
  3. Kebiasaan, orang yang memiliki kebiasaan duduk terlalu lama atau mengangkat beban berat dapat memicu timbulnya wasir.
  4. Hamil, Wasir sering terjadi selama kehamilan terutama pada usia kehamilan mencapai trimester ketiga, atau pada usia kehamilan 6-9 bulan. Ini karena selama trimester tersebut, rahim terus membesar dan memberi tekanan pada vena.
  5. Gaya hidup, kurangnya makan-makanan berserat dan tidak berolahraga.

ANAL SEX BUKAN PENYEBAB WASIR

Anal sex tidak menyebabkan wasir. Namun secara teori, penetrasi dapat mengiritasi wasir yang telah dimiliki atau merobek lapisan anus. Hal ini dapat menimbulkan  perdarahan dan nyeri. Sangat penting untuk mencegah hal itu terjadi, maka penderita wasir harus menghindari anal sex.

Meskipun tidak dapat menyebabkan wasir, namun anal sex dapat menjadi penyebab berbagai penyakit berbahaya lainnya, seperti infeksi menular seksual, HIV, HPV, Gonore, Hepatitis,dan Sifilis.

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image