Cara Mencegah Ambeien Kambuh dengan Cara Ini!

Cara mencegah ambeien kambuh merupakan salah satu hal yang sulit untuk penderita wasir lakukan. Apalagi ambeien atau hemoroid ini juga ternyata berhubungan dengan pola hidup dan kebiasaan. Menurut Moch. Agus Suprijono, seorang Dosen Bagian Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung dalam jurnal kesehatan “Hemorrhoid” (2020) menyebutkan bahwa pola hidup modern ini menjadi salah satu penyebab seseorang mengalami wasir. Pola hidup modern ini meliputi pola makan yang saat ini menjadi tren dan mulai menjadi kebiasaan adalah junk food.

Selain itu, pola hidup serba instan juga membuat manusia jadi lebih sedikit melakukan aktivitas, akibatnya tubuh menjadi jarang gerak, sehingga mengganggu aliran darah yang berdampak pada timbulnya masalah wasir.

Penyebab ambeien

Cara mencegah ambeien kambuh

Melansir dari jurnal yang sama “Hemorrhoid” oleh Moch. Agus Suprijono (2020) menyatakan bahwa, selain pola hidup dan pola makan, ada beberapa hal yang bisa berisiko menimbulkan ambeien pada seseorang, di antaranya:

  • Keturunan, beberapa orang memiliki dinding pembuluh darah yang tipis dan lemah sehingga menyebabkan mudahnya terkena ambeien/wasir.
  • Pekerjaan yang mengharuskan duduk berjam-jam juga dapat menyebabkan seseorang lebih berisiko terkena masalah ini.
  • Usia, seiring bertambahnya usia maka otot sfingter akan mengendur dan melemah sehingga menyebabkan benjolan wasir akan lebih mudah muncul.
  • Kondisi tertentu seperti kehamilan juga bisa menyebabkan area rektum dan anus menjadi tertekan dan bisa menyebabkan risiko wasir.

Baca juga: Mie Instan Merupakan Pantangan Makanan Bagi Penderita Ambeien

Cara mencegah ambeien

Ambeien ini bisa menjadi akut hingga kronis. Apalagi ambeien ini sering dianggap sebagai masalah sepele yang bisa hilang sendirinya. Meskipun hilang dengan sendirinya, ambeien ini dapat datang kembali jika penderitanya tidak menjalankan pola hidup dan pola makan sehat. Melansir dari Mayo Clinic (2021) menyebutkan bahwa kunci untuk mencegah ambeian adalah dengan menjaga feses/tinja tetap lunak. Untuk mencegah datangnya wasir maka, kamu bisa melakukan hal-hal ini seperti:

  • Makan-makanan berserat tinggi seperti kacang, buncis, kentang, ubi, jagung, dan lainnya.
  • Lebih banyak mengonsumsi buah, sayur, dan biji-bijian.
  • Minum banyak air putih, 6 hingga 8 gelas perhari.
  • Konsumsi suplemen penambah serat juga bisa membantumu terhindari dari ambeien.
  • Melakukan olahraga fisik setidaknya 15-30 menit perhari.
  • Hindari duduk terlalu lama, kamu bisa sesekali berdiri dan melakukan stretching agar tidak terjadi tekanan pada area dubur.

Jika kambuh apa yang harus dilakukan?

Jika kamu merupakan penderita ambeien akut hingga kronis dan sering merasakan ambeien tersebut kambuh. Maka, hal tepat yang bisa kamu lakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis di Klinik Vena Wasir Center. Biasanya, jika ambeien sudah sangat mengganggu, dokter akan merekomendasikanmu untuk melakukan tindakan seperti PILA, Radiofrekuensi, hingga Laser Hemorrhoidoplasty. Tindakan tersebut minim risiko maupun nyeri, tindakan hanya 15-30 menit, tanpa harus rawat inap dan langsung beraktivitas.

Baca juga: Jangan Anggap Sepele BAB Berdarah, Ini Bahayanya!

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image