Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien Secara Alami dan Medis

Cara menghilangkan benjolan ambeien dapat dilakukan dengan beberapa metode. Wasir atau hemoroid adalah kondisi medis dimana terdapat benjolan atau daging yang tumbuh di dalam maupun luar bagian bibir anus. Benjolan ini muncul akibat terjadinya pembengkakan pada pembuluh darah yang berada di sekitar anus.

Kategori tingkat keparahan wasir

Terdapat dua jenis wasir yaitu, internal dan juga eksternal. Baik keduanya dibagi lagi menjadi beberapa kategori, yaitu:

a. Kategori I, yaitu wasir yang berada dalam bagian rektum,
b. Kategori II, yaitu keluarnya kanal anus saat pasien buang air besar,
c. Kategori III, yaitu telah menonjol ke luar anus saat buang air besar dan harus dibantu ke luar secara manual.

Pada penderita wasir biasanya muncul benjolan yang membuatnya tidak nyaman dan juga sering merasa ngeri. Selain benjolan, biasanya penderita wasir juga merasakan gatal dan juga nyeri di area anus.

Baca juga: BEIM, Cara Terbaik Menghilangkan Benjolan Pada Ambeien Stadium 4!

Cara hilangkan benjolan ambeien secara alami

a. Berendam air hangat

Cara menghilangkan benjolan ambeien secara alami dan sederhana adalah dengan rutin berendam air hangat. Berendam air hangat bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan dan juga iritasi yang mungkin terjadi pada penderita wasir.

Saat berendam, kamu juga bisa menambahkan beberapa bahan alami lain seperti garam laut dan juga cuka apel yang bermanfaat untuk membantu proses penyembuhan.

b. Menggunakan minyak kelapa dan juga lidah buaya

Berikutnya cara menghilangkan benjolan ambeien adalah dengan minyak kelapa dan lidah buaya. Minyak kelapa dan juga lidah buaya dapat mengurangi rasa gatal dan juga bengkak benjolan yang terjadi pada penderita wasir. Selain itu dua bahan alami ini juga bermanfaat untuk membantu keluarnya feses dari anus agar lebih lancar.

c. Menggunakan es batu

Kamu bisa mengompres bagian yang nyeri pada saat ambeien dengan es batu. Tujuannya adalah untuk membantu mengurangi bengkak dan juga gatal pada area sekitar anus. Jangan lupa juga kain yang digunakan untuk mengompres harus bersih, agar terhindar dari infeksi ataupun bakteri lain.

d. Mengubah pola hidup

Penyakit ambeien ataupun wasir adalah bentuk alarm dari tubuh untuk bisa memulai hidup sehat. Mulai makan-makanan sehat yang tinggi serat, perbanyak minum air putih, dan rutin berolahraga adalah cara sederhana untuk memulai pola hidup lebih sehat, khususnya pada penderita wasir.

e. Mengoleskan obat wasir

Cara menghilangkan benjolan ambeien yang bisa kamu lakukan lainnya adalah dengan salep obat wasir pada benjolan ambeien. Obat wasir yang bisa kamu pilih seperti, hidrokortison, witch hazel, dan jenis obat-obatan lain yang bisa membuat area sekitar dubur menjadi mati rasa.

Cara menghilangkan benjolan ambeien secara medis

Selain dengan cara alami, alternatif lain untuk menghilangkan benjolan ambeien juga bisa dilakukan dengan cara medis seperti berikut:

a. Dengan teknik rubber band litigation


Teknik ini dilakukan dengan cara mengikat ujung benjolan yang menempel ke kulit dengan maksud agar mematikan jaringan wasir dan membuatnya copot dengan sendirinya.

b. Dengan teknik skleroterapi

Teknik ini dilakukan dengan cara menyuntikan cairan ke wasir, sampi benjolan wasir mengecil.

c. Dengan teknik elektroterapi

Teknik ini dilakukan dengan cara mengalirkan arus listrik tegangan rendah ke benjolan wasir sampai benjolan tersebut mengecil.

d. Dengan teknik koagulasi inframerah

Teknik koagulasi inframerah dilakukan dengan cara memotong aliran darah ke benjolan wasir untuk mengecilkan ukuran wasir.

e. Operasi wasir

Ada beberapa cara menghilangkan benjolan ambeien dengan teknik operasi wasir, seperti, memotong benjolan wasir, menjepit menggunakan alat operasi khusus atau menggunakan jahitan khusus untuk memotong aliran darah ke benjolan wasir sampai ambeien mengecil atau haemorrhoidal artery ligation.

Baca juga: Tanpa Operasi, Ambeien Hilang dengan Terapi Laser 10 Menit!

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image