Cara Mengobati Ambien Yang Paling Efektif


Mengobati ambeien adalah tindakan medis yang bertujuan untuk meminimalisir nyeri ataupun munculnya komplikasi penyakit. Ambeien atau wasir adalah kondisi penyakit yang umum dialami. Penyakit ini bisa muncul akibat pembuluh darah yang ada di bagian rektum atau anus membengkak akibat adanya tekanan pada bagian rongga bawah perut. 

Penyakit ambeien bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari kebiasaan mengejan saat buang air besar yang terlalu kuat, kebiasaan duduk yang cukup lama, hingga kebiasaan mengangkat beban berat secara terus-menerus. Namun, beberapa faktor lain juga dapat memicu terjadinya wasir atau ambeien, seperti sembelit, kehamilan hingga faktor keturunan.

Jenis ambeien

mengobati ambeien

Tempat munculnya ambeien dapat terbagi menjadi dua jenis, yaitu: 

  • Wasir dalam atau internal
    Wasir dalam biasanya tidak dapat terlihat secara kasat mata. Wasir atau ambeien jenis ini biasanya terdapat dalam saluran rektum dan tidak menimbulkan nyeri. Namun pada kondisi ini, biasanya pasien akan mengalami BAB berdarah.
  • Wasir luar atau eksternal Wasir luar terbentuk di bagian luar anus. Biasanya pada wasir jenis ini, penderita akan mengalami gatal dan juga pendarahan di area dubur.

Biarpun bukan termasuk penyakit berbahaya, wasir adalah jenis penyakit yang tidak bisa sembuh dengan sendirinya. Pada penderita, wasir bisa menyebabkan rasa tidak nyaman saat beraktivitas dan juga seringnya timbul rasa nyeri. 

Baca juga: Pilihan Menu Makanan yang Baik untuk Penderita Wasir

Mengobati ambeien secara alami

Mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat adalah salah satu tindakan yang efektif untuk mengobati ambeien atau wasir. Perubahan pola hidup itu meliputi:

Rutin mengonsumsi makanan berserat 

Mengonsumsi makanan berserat tinggi adalah cara mengobati ambeien secara alami. Hal ini karena serat akan membuat feses menjadi lebih lunak. Hal ini tentunya penting bagi penderita wasir, sebab dapat mengurangi aktivitas mengejan berlebihan saat buang air besar (BAB). Makanan tinggi serat yang dapat dikonsumsi oleh penderita wasir adalah biji-bijian, ataupun gandum utuh, kacang-kacangan, buah hingga sayuran berwarna gelap. 

Perbanyak asupan cairan tubuh

Menjaga asupan cairan adalah cara alami lain untuk mengobati ambeien ataupun wasir. Rutin minum air putih juga dapat membuat feses lebih lunak sehingga mengurangi terjadinya resiko sembelit. 

Menjaga kebersihan anus 

Menjaga kebersihan anus juga jadi salah satu cara alami untuk mengobati ambeien. Kamu bisa membersihkannya secara rutin menggunakan handuk yang lembab ataupun kapas yang basah. Hindari penggunaan sabun pewangi berlebihan untuk mencegah iritasi pada area anus. 

Jangan menahan buang air besar (BAB) 

Usahakan buang air besar secara rutin setiap hari. Hal ini bisa mengurangi aktivitas mengejan terlalu kuat akibat mengerasnya feses. Biasakan, segeralah ke kamar mandi jika merasa ada dorongan untuk buang air besar. 

Olahraga teratur 

Selain menurunkan berat badan, olahraga teratur juga bisa mengobati ambeien. Olahraga juga bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah, dan mencegah terjadinya sembelit. Kamu bisa berolahraga secara rutin minimal 30 menit setiap hari untuk menghindari dan mengobati ambeien. 

Mengobati ambeien dengan prosedur medis

Jika ambeien tidak kunjung membaik, setelah melakukan beberapa cara alami. Maka cara mengobati ambeien yang harus kamu lakukan adalah dengan prosedur medis. Ada beberapa tindakan atau prosedur medis yang umum dilakukan untuk mengobati ambeien. 

Prosedur medis seperti pengangkatan wasir, pengikat wasir (ligasi pita karet), tindakan skleroterapi, dan juga prosedur koagulasi adalah beberapa tindakan medis yang bisa kamu pilih untuk mengobati ambeien. Konsultasikan pada dokter dan tenaga medis adalah pilihan terbaik sebelum menentukan tindakan yang perlu kamu ambil untuk mengobati ambeien. 

Baca juga: Harus Menyiapkan Budget Berapa untuk Operasi Ambeien?

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image