Cari Tahu Mitos dan Fakta Penyakit Ambeien

Penyakit ambeien terjadi akibat pembuluh darah balik atau vena pada bagian rektum atau area anus mengalami pembengkakan dan juga peradangan. Pembengkakan dan peradangan ini menyebabkan aliran darah dari pembuluh terhambat. Penyakit ambeien sendiri bisa menyerang siapa saja, walaupun saat ini banyak ditemukan pada mereka yang berusia lebih dari 50 tahun. 

Meskipun bukan kategori penyakit berbahaya namun, sering kali penyakit wasir terlambat mendapat penanganan. Pada kondisi yang cukup parah penyakit wasir bisa menyebabkan penderita mengalami kesulitan beraktivitas, seperti saat duduk. 

Baca juga: Mengenal Dua Jenis Pengobatan Wasir!

Mitos dan fakta penyakit ambeien

penyakit ambeien

Banyak informasi beredar terkait penyakit wasir. Salah satu informasi yang sering beredar adalah wasir hanya terjadi pada mereka yang mengalami kesulitan buang air besar. Selain itu, penyakit wasir juga selalu identik dengan buang air besar berdarah. 

Berikut beberapa fakta terkait penyakit ambeien yang perlu kamu ketahui: 

Makanan pedas jadi penyebab wasir 

Benarkah makan-makanan pedas jadi penyebab penyakit ambeien? 

Ternyata ini hanyalah mitos. Hal ini sebab, kebiasaan banyak orang mengonsumsi makanan pedas memang dapat menyebabkan perut sakit bahkan sampai diare. Namun, bukan berarti akibat makan-makanan pedas, seseorang bisa langsung terkena penyakit ambeien. 

Umumnya kebiasaan makan-makanan pedas ini berakibat terjadinya diare. Diare secara terus-menerus inilah yang bisa menyebabkan terjadinya wasir. Untuk menghindari hal ini, jika kamu menyukai makan-makanan pedas, kamu boleh tetap memakan makanan tersebut namun dalam porsi yang wajar. Kebiasaan makan-makanan pedas selain bisa menyebabkan diare dan pada kondisi terburuk menyebabkan wasir, makan-makanan pedas juga bisa mengakibatkan masalah pada pencernaan. 

Wasir penyakit orang tua 

Memang saat ini penderita wasir banyak terjadi pada mereka yang sudah berumur. Namun bukan berarti anak muda bisa begitu saja terhindar dari ancaman penyakit ini. Kebiasaan sehari-hari yang kurang sehat bisa memicu terjadinya wasir pada anak muda, khususnya kebiasaan duduk terlalu lama.

Penderita wasir banyak terjadi pada mereka yang sudah berumur akibat fungsi pada organ tubuh mengalami penurunan. Selain itu gaya hidup yang kurang sehat saat usia muda juga bisa menjadi pemicu terjadinya penyakit wasir pada orang tua. Karena itu, penting untuk menerapkan pola hidup sehat sejak usia muda agar bisa terhindar dari ancaman penyakit saat usia tua, salah satunya wasir. 

Terdapat 2 jenis wasir 

Berdasarkan lokasi tumbuhnya penyakit, terdapat dua jenis wasir. Yaitu wasir interna dan juga wasir eksterna. Perbedaan pada 2 jenis wasir ini adalah pada lokasi pembuluh darah yang mengalami pelebaran. Pada wasir interna pembuluh darah yang mengalami peradangan berlokasi pada bagian dalam. Sedangkan, pada wasir eksterna pembengkakan ataupun peradangan terjadi pada pembuluh darah bagian luar. Penderita wasir bisa mengalami wasir eksterna maupun wasir interna. Bahkan pada kondisi yang cukup parah, penderita wasir bisa mengalami keduanya. 

Buang air besar berdarah 

Salah satu gejala yang umum terjadi pada penderita ambeien adalah pendarahan yang terjadi saat penderita buang air besar. Meskipun buang air besar bisa menjadi tanda gejala wasir, namun hal ini tidak sepenuhnya benar. Buang air besar berdarah bisa jadi munculnya penyakit lain, seperti gejala kanker kolorektal. 

Banyak orang yang salah dan bingung membedakan antara buang air besar berdarah karena wasir, dengan buang air besar berdarah karena penyakit kanker kolorektal. Perbedaan pada dua jenis penyakit ini adalah pada tonjolan yang muncul. Pada penyakit ambeien, tonjolan yang muncul berada pada anus. Sedangkan pada penyakit kanker kolorektal, tonjolan yang muncul berada pada rektum atau kolon. 

Rektum adalah bagian akhir dari usus besar yang berada pada sebelum anus. Fungsi dari rektum sendiri adalah untuk menampung feses sebelum keluar melalui anus.

Penyakit yang tidak bisa dicegah

Faktanya adalah, wasir termasuk jenis penyakit yang bisa dicegah. Pencegahan penyakit ambeien bisa dengan mengonsumsi makanan sehat terutama yang mengandung serat, serta memperbanyak konsumsi air putih. Selain itu, kamu juga perlu banyak mengonsumsi air putih dan tidak berlebihan ketika mengejan saat buang air besar. 

Baca juga: Perhatikan! 5 Ciri-Ciri Ambeien Yang Perlu Diwaspadai

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image