Begini Ciri-Ciri Ambeien yang Berbahaya pada Ibu Hamil

Ciri-ciri ambeien pada ibu hamil umumnya tak membahayakan. Namun, tak jarang komplikasi yang muncul pada ambeien dapat berdampak pada janin yang ada di dalam kandungan. Oleh sebab itu, sebaiknya kita tidak boleh menyepelekan ambeien/wasir yang datang. Salah satu langkah untuk mengatasi ambeien adalah dengan selalu melakukan pengobatan dan pencegahan. Selain itu, penting juga untuk mengetahui gejala yang muncul pada wasir yang sudah mulai menunjukan tanda komplikasi. Lalu, seperti apa gejala wasir yang sudah memburuk? Simak selengkapnya di dalam artikel ini!

Penyebab ambeien pada ibu hamil 

Ambeien atau hemorrhoid adalah pembengkakan pada pembuluh darah vena, sehingga timbul benjolan di area anus. Masalah ambeien merupakan masalah umum yang banyak terjadi pada orang dewasa, terutama ibu hamil. Mengutip dari Pregnancy Birth and Baby (2021) menyebutkan bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan hemorrhoid sering terjadi pada saat kehamilan di antaranya: 

  • Perubahan hormon
  • Membesarnya rahim, membuat tekanan pada area anus. Sehingga, menyebabkan pembengkakan pada vena 
  • Akibat sembelit berlebih
  • Perubahan gaya hidup

Gejala ambeien yang berbahaya pada ibu hamil 

Hemoroid atau ambeien ini merupakan penyakit yang umum terjadi pada para ibu hamil, terutama saat menginjak umur kehamilan trimester 2 hingga 3. Gejala yang timbul pada hemoroid ini berbeda-beda pada setiap orang, berdasarkan lokasi, hingga tingkat keparahannya. Biasanya, ambeien yang berada di luar anus, dan sudah mencapai tingkat keparahan derajat 4 menimbulkan beberapa gejala, seperti: 

  • Benjolan pada area anus memicu rasa nyeri, bahkan ketika duduk 
  • Mulai mengalami sembelit akibat adanya benjolan
  • Perih dan rasa tak nyaman di area anus
  • Merasakan gatal dan lembab
  • Perdarahan, terutama ketika BAB 

Komplikasi ambeien 

Umumnya, wasir akan hilang dengan sendirinya dengan perubahan pola hidup penderitanya. Namun, jika tidak segera diatasi wasir justru dapat menimbulkan masalah kesehatan lain yang lebih menyakitkan. Berikut adalah beberapa komplikasi wasir yang sering terjadi di antaranya: 

Infeksi 

Benjolan pada wasir yang mulai membesar, dapat membuat area di sekitar anus menjadi lembab. Sehingga, dapat menjadi sumber bakteri yang dapat menyebabkan munculnya infeksi seperti ruam kemerahan dan rasa gatal luar biasa. 

Strangulasi ambeien 

Ambeien yang memburuk dapat menyebabkan putusnya aliran darah di sekitar anus. Sehingga, dapat menyebabkan timbul rasa nyeri luar biasa. Strangulasi ini merupakan masalah yang menyiksa para penderitanya. 

Anemia

Gejala utama wasir dalam adalah perdarahan ketika BAB, terutama pada wasir yang telah memburuk. Namun, pada beberapa kasus, penderitanya mengalami banyak perdarahan akibat wasir yang dapat memicu timbulnya anemia. 

perdarahan yang berlebihan akibat ambeien dapat membuat penderitanya mengalami anemia (kekurangan darah). Anemia ini dapat berbahaya jika terjadi pada ibu hamil karena dapat berisiko membuat bayi lahir prematur. Meskipun, komplikasi pada ambeien sangat jarang terjadi, namun sebaiknya kita tetap waspada terhadap gejala-gejala yang muncul.

Baca juga: Obat Wasir Paling Ampuh, Hilangkan Wasir dalam Hitungan Menit!

Solusi pengobatan ambeien dengan metode terkini 

Salah satu cara untuk mengatasi, sekaligus menangani penyakit wasir pada ibu hamil adalah dengan selalu berkonsultasi dengan dokter. Semakin cepat wasir diatasi, maka akan semakin cepat pengobatannya. Oleh karena itu, sebaiknya tidak menyepelekan ambeien/wasir yang terjadi pada masa kehamilan maupun setelah melahirkan. Kamu, bisa melakukan konsultasi terhadap masalah wasir yang kamu alami di klinik Vena Wasir Center, pusat pengobatan masalah anorektal terpercaya di Indonesia. Memiliki dokter spesialis dan tenaga medis berpengalaman, klinik Vena Wasir Center menjadi solusi untuk mengatasi wasir, hingga kamu dapat beraktivitas kembali tanpa halangan. 

Untuk melakukan pendaftaran dan konsultasi di klinik Vena Wasir Center, silakan untuk klik di sini! 

Baca juga: Ini Penyebab Ambeien Bisa Kambuh Meski Sudah Sembuh!

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image