Tanda Wasir, Ada 6 yang Tidak Disadari

Memiliki masalah di organ intim dan sekitarnya memang memalukan. Termasuk masalah di area anus (rektum). Akhirnya, banyak pasien yang ragu untuk menanyakan dan memeriksakan diri ke dokter. Ini dia tanda wasir yang perlu diketahui.


LAYANAN Vena Wasir:
Call Center : 0821-1033-3310
Whatsapp Chat\Pendaftaran Online :
linktr.ee/venawasir

Salah satu masalah di dubur atau anus, adalah wasir atau hemoroid. Diperkirakan wasir menimpa 3 dari 4 orang dewasa dengan derajat yang berbeda-beda. Wasir adalah pembuluh darah vena di anus yang meradang atau mengalami pembengkakan.

Pembuluh darah vena di anus yang mengalami peradangan biasanya diikuti dengan gejala perubahan pola buang air besar, bisa konstipasi (sembelit) atau diare. Penderita umumnya juga merasakan nyeri dan tidak nyaman di sekitar anus.

Wasir ada dua jenis, yaitu eksternal dan internal. Wasir eksternal jika tonjolan pembuluh darah vena yang melebar bisa dirasakan atau keluar dari lubang anus. Sedangkan tipe wasir internal, tidak terlihat karena pelebaran pembuluh darah vena ada di bagian dalam anus.

Meskipun tidak bisa diraba, bisa jadi Anda sudah merasakan gejalanya, hanya saja tidak menyadarinya.

GEJALA DAN TANDA WASIR

Inilah 6 gejala wasir yang sangat halus, yang kerap tidak disadari. Sebaiknya Anda mulai mewaspadai gejala-gejala ini sedini mungkin agar bisa diobati sebelum menjadi parah:

1. Gatal di sekitar anus, tanda wasir

Gatal di sekitar anus adalah salah satu tanda wasir. Wasir dapat merusak lapisan pelindung dubur dan memungkinkan kebocoran mikroskopis. Isi dubur berupa kotoran atau feses kemudian mengering di area dubur dan menyebabkan gatal-gatal yang parah.

Jika Anda menggaruknya, akan timbul masalah baru, yakni dubur bisa luka. Lebih baik bersihkan anus dengan tisue basah atau air sabun setiap kali anus terasa gatal. Setelah itu periksalah ke dokter.

2. Buang air disertai darah tanpa rasa sakit

Buang air besar disertai darah juga bisa menjadi indikasi wasir. Pada umumnya perdarahan tidak menimbulkan rasa sakit. Biasanya darah terlihat karena terus menetes ke dalam toilet atau saat menggunakan tisu. Adanya darah menunjukkan bahwa ada pendarahan pada saluran di dalam anus.

3. Noda feses di celana dalam

Jika celana dalam Anda selalu ada noda dari anus, bisa jadi itu adalah gejala wasir. Penyakit ini membuat jaringan otot dubur menjadi longgar sehingga lubang sangat sulit untuk bersih.

Hemoroid akan menyebabkan feses bocor dan menempel di celana dalam. Ibaratnya, bagaimana dubur akan menutup sempurna jika ada hemoroid di antaranya?

4. BAB tidak tuntas atau sembelit

Banyak orang dengan gejala wasir merasa seperti BAB tidak tuntas atau merasa sembelit. Tetapi sembelit juga bisa merupakan gejala penyakit lain di saluran pencernaan.

Jika gejala ini tidak kunjung hilang, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk memastikan apa penyebab pastinya.

5. Bengkak

Pembengkakan di daerah anus dapat terjadi karena terlalu banyak mengejan. Banyak orang menghabiskan waktu lama setiap berada di toilet karena mengejan. Kebiasaan ini dapat memberikan tekanan yang tidak semestinya pada pembuluh darah di sekitar anus dan menyebabkan pembengkakan  atau iritasi.

6. Pertumbuhan kulit di sekitar anus

Jika ada pertumbuhan kulit berlebih (skin tags) di daerah anus, bisa jadi itu disebabkan wasir. Skin tags sering dikaitkan dengan hemoroid akibat iritasi dari feses yang bocor ke area di sekitar anus.

Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut, sebaiknya ke dokter untuk menentukan apakah Anda memang memiliki penyakit ini atau tidak.









Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image