Jenis Bedah Wasir, Tinggal Pilih Mana Yang Cocok

Wasir jangan dianggap remeh. Sebab, bila sudah parah, maka satu-satunya tindakan yang efektif adalah operasi. Cara cepat untuk mengatasi wasir yang parah memang operasi, tapi tak sedikit orang yang takut mendengar kata operasi. Bedah wasir bertujuan untuk membatasi pasokan darah atau menghilangkan wasir.


LAYANAN Vena Wasir:
Call Center : 0821-1033-3310
Whatsapp Chat\Pendaftaran Online :
linktr.ee/venawasir

Operasi dikaitkan dengan benda tajam, pemotongan organ, jarum suntik dan sebagainya. Sehingga tak sedikit orang yang rela bertahun-tahun menderita akibat wasir. Mereka lebih memilih jalur alternatif untuk menghilangkan gejala-gejala tak mengenakkan.

Jenis Bedah Wasir

Bedah wasir menghilangkan pembuluh darah yang bengkak di dalam atau di sekitar anus dan dubur. Ada beberapa pilihan pembedahan untuk mengobati penyakit ini, yaitu sebagai berikut:

Ligasi gelang karet

Ini adalah jenis operasi wasir yang paling banyak dilakukan. Prosedur ini melibatkan penggunaan pita atau gelang karet untuk membatasi suplai darah ke pangkal wasir daerah yang mengalami wasir.

Koagulasi

Teknik ini digunakan untuk mengobati perdarahan pada wasir internal. Wasir internal adalah perdarahan di dinding anus atau bagian bawah rektum. Dalam metode ini, dokter akan menggunakan arus listrik atau sinar infra merah untuk membuat jaringan parut pada wasir. Jaringan ini akan membatasi suplai darah ke wasir.

Skleroterapi

Prosedur ini dilakukan dokter dengan menyuntikkan larutan kimia ke dalam wasir internal. Tujuannya adalah membantu menghilangkan rasa sakit dengan membuat ujung saraf mati rasa di sekitar area wasir, sehingga terbentuk jaringan parut yang menyulitkan darah mengalir ke daerah wasir.

Hemoroidektomi

Metode ini bertujuan mengangkat organ terjadinya wasir. Sebelum diangkat pasien biasanya  dibius total. Setelah pasien tak sadar, dokter akan membuka anus dan memotong wasir. Pemotongan dapat dilakukan dengan gunting bedah atau laser. Setelah beres, dokter menutup luka tadi.

Stapler wasir

 Metode ini hanya bisa digunakan untuk wasir internal yang sudah parah, dan tak bisa digunakan untuk wasir eksternal. Disebut wasir eksternal, apabila wasir sudah menonjol keluar anus. Seorang ahli bedah yang menggunakan metode ini biasanya membuat pasien tak sadar terlebih dahulu dengan anestesi lokal atau total. Di situ dokter menggunakan alat khusus untuk menjepit wasir ke posisi normal di dalam lubang anus. Dengan cara tersebut, suplai daerah ke lokasi wasir semakin terbatas, sehingga ukuran wasir semakin mengecil.

Di antara kelima jenis operasi wasir, stapler wasir membutuhkan waktu perawatan di rumah sakit relatif lebih singkat. Untuk menghentikan suplai darah di lokasi wasir saja membutuhkan waktu beberapa hari. Lalu penutupan luka memakan waktu 1-2 minggu. Selain itu tidak menyakitkan. Bandingkan dengan teknik koagulasi, skleroterapi, dan hemoroidektomi. Penyembuhan luka hingga ke pemulihannya bisa memakan waktu hingga 6-8 minggu.

Selama masa pemulihan, pasien tak bisa mengonsumsi makanan sembarangan. Pasien di anjurkan mengonsumsi makanan yang kaya serat, minum banyak air, dan tidak duduk dalam tempo lama. Kemudian dianjurkan tidak mengejan saat buang air besar (BAB), dan mengangkat beban berat.

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image