Ketahui Gejala Ambeien Dalam Dan Pengobatannya!

Gejala ambeien dalam bisa terjadi pada penderita wasir. Secara sederhana gejala wasir bisa terasa saat duduk atau buang air besar, penderita mengalami nyeri pada bagian anus. Wasir adalah penyakit akibat terjadinya pembesaran atau pembengkakan pada pembuluh darah pada area akhir rektum, dubur ataupun anus. 

Penderita wasir memang mayoritas mereka yang sudah berumur lebih dari 50 tahun. Namun saat ini penderita ambeien juga banyak terjadi pada usia muda. Umumnya gejala ambeien berbeda-beda pada setiap penderita. Hal ini bergantung pada jenis ambeien yang dialami oleh pengidapnya. 

Jenis ambeien berdasarkan letaknya

gejala ambeien dalam

Berikut beberapa jenis ambeien berdasarkan gejala umum yang sering terjadi: 

Ambeien jenis internal 

Ambeien internal adalah kondisi ambeien yang mengalami pembengkakan pada bagian dalam anus, tepatnya pada bagian liang rektum. Gejala ambeien dalam umumnya tidak terlalu terlihat jelas. Hal ini karena pada ambeien jenis internal berada pada liang rektum bagian dalam yang tidak terdapat banyak saraf. Karena berada pada bagian dalam, ambeien tidak terasa dan juga tidak terlihat dari luar area anus. 

Gejala ambeien alam

Gejala ambeien dalam, bisa semakin buruk saat mengejan atau iritasi saat buang air besar dan bisa menyebabkan terjadinya: 

  • Pendarahan saat buang air besar tanpa rasa sakit, 
  • Rasa tidak nyaman, sakit dan nyeri pada bagian anus, 
  • Bagian anus terasa gatal, 
  • Munculnya sensasi seperti terbakar pada area anus, 
  • Terdapat benjolan pada sekitar area anus.  

Gejala ambeien dalam seperti pada di atas bisa menjadi semakin besar jika kondisi wasir semakin memburuk. Jika kondisi wasir penderita semakin memburuk maka segeralah temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat terkait penyakit ambeien.

Penderita gejala ambeien dalam perlu berhati-hati sebab jika berlarut-larut dan tidak segera mendapatkan penanganan serius, kondisi ambeien dalam bisa mengakibatkan munculnya komplikasi penyakit dan masalah lain. Misalnya ambeien prolaps atau benjolan yang keluar melewati bagian liang anus. Ambeien prolaps bisa menyebabkan penderita mengalami kesulitan saat duduk dan nyeri luar biasa saat buang air besar. 

Ambeien luar

Ambeien luar atau eksternal terjadi pada bagian luar rektum atau sekitar lubang anus. Berbeda dengan ambeien internal atau gejala ambeien dalam, pada ambeien eksternal umumnya penderita mengalami berbagai keluhan.

Berikut beberapa gejala atau keluhan ambeien eksternal: 

  • Gatal pada area anus, 
  • Terasa panas dan perih pada area anus, 
  • Terjadi pembengkakan pada area anus, 
  • Nyeri pada bagian anus, terutama saat duduk, 
  • Pendarahan saat buang air besar, 
  • Keluarnya darah merah tanpa rasa nyeri pada bagian rektum. 

Jika tidak segera mendapat penanganan serius, ambeien eksternal bisa menyebabkan ambeien trombosis yaitu terbentuknya gumpalan darah pada benjolan wasir. Kondisi ini menyebabkan aliran darah pada bagian anus terhambat dan mengalami penggumpalan. Akibatnya suplai darah ke jaringan anuspun menjadi berkurang. 

Selain itu ambeien thrombosis juga bisa menimbulkan gejala seperti: 

  • Nyeri, sakit dan gatal yang luar biasa pada area anus, 
  • Pembengkakan dan juga kemerahan pada area anus, 
  • Anus terlihat lebam atau kebiruan, 
  • Terjadinya peradangan pada anus, 
  • Muncul benjolan keras pada area sekitar anus. 

Baca juga: Operasi Wasir Minim Nyeri dengan Metode Radiofrekuensi

Cara menghilangkan wasir

Menghilangkan atau mengobati wasir bisa dilakukan tergantung tingkat keparahannya. Pada wasir stadium 1 penderita bisa mengubah pola hidupnya menjadi lebih sehat, dengan makan-makanan sehat dan berserat, rutin berolahraga, hindari kebiasaan mengejan terlalu keras atau menggunakan obat alami pereda wasir. 

Untuk penderita wasir stadium 2 dan 3 umumnya benjolan berada pada bagian luar anus. Penderita wasir stadium 2 dan stadium 3 biasanya merasakan tidak nyaman dan nyeri saat benjolan tertekan terutama saat buang air besar. Pada kondisi ini sebaiknya penderita berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat penanganan terbaik. 

Selanjutnya pada stadium 4 kondisi benjolan wasir sudah semakin membesar dan dapat menyebabkan terjadinya resiko benjolan pecah atau bahkan komplikasi penyakit lainnya. Jika ambeien tidak dapat diatasi dengan tindakan medis biasa, maka dokter akan menya menyarankan untuk tindakan operasi seperti PILA, Radiofrekuensi, dan Laser Hemorrhoidoplasty. 

Baca juga: Perhatikan! 5 Ciri-Ciri Ambeien Yang Perlu Diwaspadai

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image