Manfaat Chia Seed, Penangkal Penyakit Termasuk Wasir

Chia seed atau biji chia belakangan ini menjadi populer dikalangan anak muda untuk membantu diet. Selain itu, ternyata chia seed juga bermanfaat membantu menangkal berbagai penyakit sepereti wasir hingga kanker.

Membahas mengenai nutrisi yang terkandung dalam biji-bijian yang tumbuh di Meksiko ini, menurut US Department of Agriculture, mengandung 34,4 g serat makanan, 16,5 g protein bebas gluten, dan 26 g asam lemak tak jenuh untuk tiap 100 gramnya.

Manfaat sehat chia seed yang terkenal antara lain meningkatkan energi dan metabolisme hingga melawan kanker payudara berkat kandungan asam lemak omega-3nya. Chia seed juga makanan tinggi serat yang dapat membantu mencegah wasir dan bisa mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Manfaat Chia Seed Bagi Kesehatan

  • Membantu Mencegah Wasir

Kandungan serat yang cukup tinggi pada chia seed dapat membantu mencegah wasir. Selain dapat membantu proses buang air besar dan dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa penderita obesitas mengonsumsi chia seed selama 6 bulan, terlihat mengalami penurunan berat badan sekitar 2 kg. 

Kesulitan buang air besar dan obesitas menjadi salah satu penyebab wasir. Namun, mengonsumsi chia seed saja tidak cukup untuk mencegah wasir. Dalam hal ini, harus dibarengi dengan pola makan dan pola gaya hidup yang sehat, yaitu mengontrol makanan, rajin olahraga dan istirahat yang cukup.

baca juga: Jenis Olahraga yang Baik Bagi Penderita Wasir

  • Baik untuk kesehatan tulang

Kandungan kalsium, mangan, magnesium, dan fosfor pada chia seed dapat membantu mendukung kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis.

  • Membantu menjaga kesehatan jantung

Kandungan protein, serat, antioksidan, dan lemak baik yang tinggi memiliki dampak yang baik bagi kesehatan jantung. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi chia seed dapat membantu menjaga kesehatan jantung dari pengerasan pembuluh darah dan penyakit jantung. Dalam hal ini, tidak cukup dengan mengonsumsi chia seed, perlu juga  menjalani pola gaya hidup yang sehat.

  • Membantu mencegah kanker

Kandungan zat antioksidan dan fitonutrien pada chia seed mampu membunuh sel kanker dalam tubuh. Lebih lanjut selain membunuh sel kanker, antioksidan juga membantu menekan tumbuhnya sel kanker baru. Ada beberapa jenis kanker yang bisa dicegah seperti, kanker payudara, kanker hati, kanker pencernaan, kanker serviks, kanker kulit dan kanker prostat.

Berapa Banyak Chia Seed Yang Dapat Dikonsumsi Harian?


Agar mendapatkan manfaat dari chia seed, perlu tepat dalam mengonsumsinya tidak dapat sembarangan.

Terdapat sebuah laporan dari para peneliti di Polandia yang dimuat dalam Jurnal Nutrients, mengenai batasan mengonsumsi chia seed terlebih lagi jika memiliki kondisi medis tertentu.

Lebih lanjut, Dr. Jimmy Louie Chun-yu, asisten profesor di Fakultas Ilmu Biologi Universitas Hong Kong menyatakan, bahwa orang yang menderita penyakit stroke perlu hati-hati mengonsumsi chia seed. Hal ini disebabkan karena chia seed memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi yang dapat mengencerkan darah.

Kemudian ia menambahkan bahwa orang yang memiliki gangguan saluran pencernaan tidak disarankan untuk mengonsumsi setiap hari dengan jumlah yang berlebihan.

Dalam mengonsumsinya, disarankan hanya satu sampai dua sendok makan chia seed per harinya. The US Dietary Guidelines pada tahun 2000 merekomendasikan untuk mengonsumsi chia seed perhari tidak boleh melebihi 48 gram/hari. Sementara The European Commission mengizinkan mengonsumsi chia seed pada produk-produk roti maksimal sebanyak 5%.

Meski mengonsumsi chia seed dapat membantu menangkal berbagai penyakit dari wasir hingga kanker, perlu juga mengimbanginya dengan menjalani pola gaya hidup yang sehat.

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image