MERAWAT WASIR EKSTERNAL

Wasir atau ambeien memiliki istilah medis hemoroid, yaitu pelebaran pembuluh darah vena atau plexus vena di daerah anus. Hemoroid dibedakan menjadi 2 jenis berdasarkan letak pleksus hemoroid, yaitu wasir internal dan wasir eksternal.


LAYANAN Vena Wasir:
Call Center : 0821-1033-3310
Whatsapp Chat\Pendaftaran Online :
linktr.ee/venawasir

Wasir internal yaitu, pelebaran pleksus vena hemorrhoidalis atas dan wasir eksternal adalah pelebaran pleksus vena hemorrhoidalis bawah. Pleksus hemoroid merupakan pembuluh darah normal yang terletak pada lapisan rektum dan kulit anus.

Wasir eksternal

Pada penderita wasir eksternal, benjolan terdapat di luar anus dan dapat dilihat juga diraba. Biasanya benjolan ini keluar dari anus jika penderita mengejan saat buang air besar. Berbeda dengan wasir internal yang biasanya timbul disertai gejala seperti, perdarahan pada rektum tanpa disertai dengan rasa nyeri.

Wasir eksternal jika sudah terkena trombosis (pembekuan) akan timbul gejala nyeri dan juga pembengkakan. Namun, rasa nyeri ini hanya akan dirasakan selama 2-3 hari, sementara untuk pembengkakannya akan membutuhkan waktu 1-2 minggu. Jika gejala tersebut tidak hilang, dokter akan meresepkan obat pelunak feses untuk mempermudah pengeluaran feses. Namun,jika sudah parah, dokter akan merekomendasikan pengangkatan wasir dengan melakukan pembedahan.

Diagnosis

Jika sudah mengalami gejala seperti, perdarahan saat buang air besar segeralah  konsultasi pada dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk mendiagnosis penyakit yang diderita pasien. Keluarnya darah saat buang air besar, nyatanya bukan hanya gejala wasir, namun juga menjadi gejala beberapa penyakit lainnya seperti, kanker anus, fisura ani, abses perianal dan radang usus. Oleh sebab itu, pemeriksaan ke dokter sangatlah penting.

Perawatan Wasir

  1. Mandi air hangat dengan posisi duduk dua kali sehari.
  2. Mengompres benjolan wasir dengan es.
  3. Menjaga kebersihan area antara vagina dan dubur.
  4. Menggunakan bantal wasir.
  5. Mengubah posisi tidur menjadi miring.

Pencegahan Wasir

  1. Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dapat melunakkan tinja atau feses.
  2. Minum banyak cairan. Minumlah enam hingga delapan gelas air satu hari.
  3. Segera buang air besar jika sudah merasa ingin.
  4. Berolahraga.
  5. Hindari duduk terlalu lama.
  6. Hindari mengangkat beban berat.
Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image