Mie Instan Jadi Makanan Pantangan Penyakit Ambeien

Pantangan penyakit ambeien sebenarnya cukup beragam, mulai dari olahraga, makanan hingga aktivitas sehari-sehari. Sebagai contoh untuk makanan pantangan penyakit ambeien, ada makanan pedas, makanan berlemak, dan makanan cepat saji. Diantara makanan tersebut, tahukah kamu kalau ternyata mie instan juga termasuk di dalamnya? Kok bisa? Yuk, kita bahas!

Makanan yang jadi pantangan penyakit ambeien (wasir) merupakan makanan yang memiliki kandungan serat yang rendah. Para ahli kesehatan sepakat bahwa makanan rendah serat dapat memperburuk kondisi wasir. Ketika seseorang banyak mengonsumsi makanan rendah serat, maka akan memengaruhi sistem pencernaan yang menyebabkan feses/tinja yang keluar menjadi keras. Hal ini yang kemudian akan membuat seseorang mengejan lebih keras ketika BAB. Dari sinilah biasanya, pembuluh darah akan mengalami pembengkakan sehingga timbulah benjolan daging yang bisa terjadi di luar maupun di dalam anus.

Nah, karena makanan merupakan penyebab utama wasir. Maka penderita wasir harus menjaga pola makan dengan menghindari makanan yang menjadi pantangannya, salah satunya adalah mie instan. 

Baca juga:

Kandungan mie instan 

Mie instan merupakan makanan yang cukup populer, terutama pada masyarakat Asia. Makanan ini banyak terjual di manapun. Karena rasanya yang enak dan praktis, banyak orang yang sering mengkonsumsi mie instan. Padahal, melansir dari Healthline dan Medical News Today (2019) menyebutkan bahwa mie instan ini memiliki kandungan serat yang rendah.

Makanan rendah serat ini banyak menimbulkan masalah pencernaan yang terkait dengan masalah sembelit dan sulit buang air besar, karena sulit dicerna oleh tubuh. Oleh sebab itu, sebaiknya penderita ambeien tidak mengonsumsi mie instan selama menderita ambeien karena akan membuat kondisi ambeien menjadi semakin parah. 

Pantangan makanan penderita ambeien

Selain mie instan, ada beberapa makanan lezat sehari-hari yang sebaiknya penderita wasir hindari jika tidak ingin membuat ambeien menjadi lebih parah. Mengutip dari Minesh Khatri, seorang asisten profesor kedokteran, Universita Colombia khusus nefologi dan penyakit dalam (2019). Makanan yang terlarang tersebut adalah makanan rendah serat, seperti di antaranya: 

  • Roti putih, susu, dan keju.
  • Daging merah. 
  • Makanan beku dan makanan cepat saji.
  • Makanan yang memiliki kandungan garam yang cukup banyak. 
  • Beberapa makanan yang pedas yang dapat menimbulkan diare. 

Selain makanan tersebut, Minesh Khatri juga menyebutkan bahwa minuman/suplemen yang mengandung zat besi dapat menyebabkan masalah pencernaan yang berhubungan dengan konstipasi atau sembelit.

Makanan yang baik untuk penyakit ambeien

Selain menyebutkan beberapa makanan yang dapat memperburuk kondisi wasir, ada juga beberapa jenis rekomendasi makanan untuk penyakit ambeien, seperti:

  • Makanan yang mengandung dua jenis serat (serat larut dan serat tidak larut). Kandungan serat larut membantu feses menjadi lebih padat karena mampu menyerap kelebihan cairan di dalam sistem pencernaan. Sedangkan serat tidak larut ini baik untuk membantu feses menjadi lebih lembut, sehingga memperlancar proses buang air besar.
  • Kacang-kacangan. Makanan seperti kacang tanah dan kacang merah memiliki kandungan dari dua jenis serat. Sehingga sangat baik untuk penderita wasir konsumsi. 
  • Buah dan sayuran. Tak hanya terkenal baik untuk menjaga tubuh tetap sehat, buah dan sayuran juga memiliki kebutuhan gizi yang tubuh perlukan, sehingga sangat baik untuk kamu konsumsi, terutama yang mengandung serat yang tinggi.

Makanan saja tak cukup



Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image