Mungkinkah Wasir Bisa Hilang Permanen?

Wasir hilang permanen tentunya menjadi harapan untuk setiap penderita. Wasir adalah jenis penyakit yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Banyak orang yang membiarkan penyakit ini karena lokasinya yang sulit terlihat. Umumnya penderita baru mengalami panik ketika kondisinya cukup mengganggu atau bahkan parah. 

Dalam kondisi serius penderita wasir akan mengalami beberapa hambatan seperti kesulitan saat duduk, terutama pada waktu yang lama. Bahkan pada kondisi yang cukup parah, penderita wasir memerlukan bantuan operasi untuk penyembuhannya. Namun, selain dengan operasi ada cara lain yang bisa menjadi solusi untuk penderita wasir. 

Apa itu wasir? 

wasir hilang permanen

Penyakit wasir bisa terjadi akibat pembuluh darah balik atau vena pada daerah rektum ataupun anus mengalami pembengkakan dan juga peradangan. Kondisi ini akibat terhambatnya aliran darah pada balik vena. Umumnya dokter akan memberikan saran berupa tindakan operasi jika pasien tidak mengalami perubahan setelah melalui beberapa prosedur pengobatan. 

Terdapat dua jenis penyakit wasir tergantung pada lokasinya, yaitu wasir interna/dalam dan juga wasir eksterna/luar. Perbedaan pada dua jenis penyakit wasir ini adalah terdapat pada lokasi pembuluh darah yang mengalami pelebaran. Jika pembuluh darah yang mengalami peradangan berada pada bagian dalam, maka ini termasuk dalam wasir interna. Sedangkan, jika pembuluh darah yang mengalami peradangan berada pada bagian luar, maka ini termasuk dalam wasir eksterna. Tindakan operasi wasir dapat dilakukan setelah wasir eksterna yang besar atau wasir interna yang telah keluar dari dinding rektum ke bagian anus penderita.

Cara menghilangkan wasir secara medis

Wasir hilang permanen tergantung pada kondisi keparahan pada penderita. Pada penderita wasir stadium 1, biasanya dokter hanya perlu menyarankan penderita untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, dengan cara, makan-makanan berserat, rutin berolahraga, menghindari kebiasaan mengejan terlalu kuat ataupun menggunakan obat pereda ambeien sesuai resep yang dokter berikan. 

Sedangkan untuk penderita wasir stadium 2 dan 3, umumnya penderita bisa melihat munculnya benjolan dan berada pada luar anus. Hal ini membuat penderita tidak nyaman dan merasakan nyeri terutama saat buang air besar. Pada kondisi ini, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan informasi dan saran yang efektif terkait pengobatan. Jika penderita sudah merasa terganggu dan mengalami keterbatasan beraktivitas sebaiknya penderita wasir melakukan tindakan operasi laser atau PILA sebagai pilihan pengobatan. 

Kemudian, pada stadium 4, penderita lebih bisa melihat dengan jelas benjolan yang cukup membesar dan bisa menimbulkan resiko pecah ataupun mengundang penyakit lainnya. Pada kondisi ini penderita harus segera melakukan tindakan operasi medis untuk mengangkat jaringan pada penderita wasir. 

Baca juga: 10 Tahun Penderitaan Wasir Akhirnya Tuntas di Klinik Wasir Terbaik!

Cara Mengatasi Wasir Dengan Alami

Wasir hilang permanen juga bisa dengan pengobatan secara alami. Misalnya, pada penderita wasir stadium I dan II, penderita bisa menggunakan terapi obat sebagai pilihan proses penyembuhan. Namun, obat-obatan ini ini umumnya hanya untuk mengurangi gejala. Karena hal inilah, maka penderita wasir perlu memperhatikan sejumlah kebiasaan dan perawatan tubuh. Terutama pada tempat berkembangnya penyakit wasir.

Pada kondisi yang belum terlalu parah wasir hilang permanen adalah hal yang sangat mungkin. Hal ini karena penyakit wasir bisa terjadi akibat kebiasaan makan sembarangan dan buang air besar. Berikut adalah beberapa aktivitas sederhana untuk mengatasi wasir. 

Hindari kebiasaan menahan buang air besar

Tahukah kamu, menahan buang air besar adalah salah satu pemicu terjadinya penyakit wasir. Hal ini karena ketika buang air besar mereka cenderung mengejan terlalu kuat, inilah yang bisa jadi pemicu terjadinya wasir. Usahakan segera bergegas ke toilet terdekat saat kamu merasa ingin buang air besar.

Menjaga pola makan

Sebaiknya penderita wasir menjaga asupan makanannya setiap hari. Penderita wasir bisa memilih bahan makanan sehat seperti, brokoli, kacang, gandum dan juga buah-buahan untuk menjaga kondisi diri. Makanan kaya serat seperti yang terdapat pada bahan-bahan makanan tersebut bisa menurunkan resiko pendarahan, inflamasi dan pembengkakan pada penderita wasir.

Rutin berolahraga

Salah satu cara menghindari wasir sekaligus pengobatan adalah dengan rutin berolahraga. Olahraga bisa menjaga kesehatan dan menjaga berat badan. Berat badan yang ideal bisa menghindari terjadinya wasir.

Baca juga: Langkah Mudah, Mencegah Ambeien Saat Hamil

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image