OLAHRAGA INI BISA MEMPERPARAH WASIR

Wasir adalah kondisi di mana terdapat pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus yang biasanya terjadi karena mengejan terlalu lama saat buang air besar, kehamilan, sembelit dan terlalu lama duduk. Seringkali, penderita wasir merasa tidak nyaman saat melakukan aktivitas. Untuk mencegah wasir, salah satu caranya adanya menjalani pola hidup yang sehat, seperti berolahraga. Namun, ternyata tidak semua olahraga dapat dilakukan oleh penderita wasir. Berikut beberapa olahraga yang bisa memperparah wasir:

LAYANAN Vena Wasir:
Call Center : 0821-1033-3310
Whatsapp Chat\Pendaftaran Online :
linktr.ee/venawasir

1. BERSEPEDA

Seseorang yang sering bersepeda akan menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan karena menempatkan tekanan pada daerah wasir. Karenanya, orang yang memiliki wasir disarankan untuk tidak terlalu sering atau terlalu lama bermain sepeda. Hal ini untuk mencegah tekanan yang terlalu banyak pada daerah rektum dan memicu pembengkakkan.

2.  ANGKAT BEBAN

Teknik pernapasan yang salah saat angkat beban bisa menjadi pemicu keluarnya wasir.  Jadi harusnya saat mengangkat beban, buang napas. Kebanyakan orang  menahan napas,  akibatnya seseorang mengejan terlalu keras dan tekanan di perut bawah memicu ambeien untuk keluar.

3.  MENDAYUNG

Beberapa latihan fisik untuk wasir secara langsung dapat memperburuk wasir dan salah satunya adalah mendayung. Hal ini menyangkut beban daya, gerakan memprovokasi peningkatan tekanan intra-abdomen dan meregangkan otot-otot tubuh bagian bawah. Sebenarnya, mendayung masih diizinkan untuk dilakukan namun harus berhati-hati.  Selama latihan, dilarang menahan nafas – ini berkontribusi pada tumbuhnya tekanan di rongga perut, gerakan harus dilakukan dengan lancar, tanpa tersentak tiba-tiba, dan mulai dengan beban minimum secara bertahap meningkatkan jumlah pengulangan, intensitas latihan.

Pada dasarnya tujuan olahraga pada penderita wasir adalah untuk memperbaiki sirkulasi darah selain itu juga mencegah timbulnya konstipasi (sulit buang air besar) yang dapat menyebabkan bertambah parahnya wasir yang diderita. Untuk masalah olahraga bagi penderita wasir hampir semuanya diperbolehkan asalkan tidak menimbulkan efek mengejan seperti pada olahraga angkat beban. Sedangkan olahraga seperti berjalan, senam aerobik, atau olahraga yang dapat melatih otot panggul sangat dianjurkan pada penderita wasir.

PENCEGAHAN WASIR

Selain menghindari olahraga yang dapat memperparah wasir dan melakukan olahraga yang dapat membantu mencegah wasir bisa juga melakukan hal-hal berikut:

  • Berolahraga secara teratur: Bisa mencegah terjadinya konstipasi, menurunkan tekanan darah, dan membantu menurunkan berat badan.
  • Minum air putih yang banyak. Kurangi mengonsumsi kafein dan minuman beralkohol.
  • Menambah asupan serat di dalam makanan: buah, sayuran, beras merah atau beras cokelat, biji-bijian, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh.
  • Tidak menunda untuk buang air besar. Sebaliknya, jika mengabaikan dorongan untuk buang air besar, bisa membuat tinja keras dan kering hingga memaksa kita harus mengejan saat buang air besar.
Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image