Pemeriksaan Penyakit Wasir dengan Anoskopi Modern!

Penyakit wasir merupakan masalah kesehatan tidak normal yang berkaitan dengan masalah gaya hidup dan pola makan. Salah satu penyebabnya adalah sembelit yang menyebabkan tekanan pada area rektum menjadi bertambah. Sehingga, menyebabkan pembengkakan pada pembuluh darah yang menimbulkan benjolan daging di area sekitar anus. Mengutip dari jurnal kesehatan Politeknik Kesehatan Tanjungkarang (2019) menyebutkan bahwa penyebab utama seseorang wasir adalah akibat adanya konstipasi atau sembelit. Sembelit ini bisa terjadi ketika penderita mengonsumsi makanan tak sehat yang rendah serat, stress, obat-obatan, kurangnya aktivitas fisik dan faktor usia.

Beberapa orang yang rentan terkena wasir

penyakit wasir

Melansir dari jurnal kesehatan Bagian Patologi Anatomi Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung (2020) menyebutkan bahwa ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit wasir di antaranya:

  • Orang yang terlalu lama menghabiskan waktu dengan posisi duduk
  • Perokok aktif
  • Para lansia
  • Penderita diare
  • Orang yang jarang minum air putih dan kurang makanan berserat
  • Pengendara motor/mobil yang duduk berjam-jam
  • Para ibu hamil

Selain beberapa orang di atas, faktor genetik juga bisa menjadi salah satu penyebab seseorang terkena wasir. Untuk itu, semua faktor di atas bisa diminimalisir dengan cara menjalankan pola hidup sehat.

Jenis wasir dan bahayanya

Melansir dari jurnal yang sama, berdasarkan letaknya sendiri wasir ini terbagi menjadi dua di antaranya:

– Wasir eksternal

Hemoroid luar atau eksternal merupakan pembengkakan pembuluh darah yang terjadi di area luar anus sehingga penderita bisa merasakan letak benjolan. Terkadang, benjolan wasir juga tertekan ketika duduk sehingga menyebabkan rasa nyeri dan pendarahan.

-Wasir internal

Selanjutnya adalah jenis wasir yang tak nampak, hal ini terjadi karena benjolan wasir terletak pada area dalam anus. Sehingga penderita tidak bisa merasakan benjolan yang ada, gejalanya sendiri bisa penderita rasakan seperti perdarahan saat BAB hingga rasa tak nyaman ketika BAB.

Cara deteksi wasir

Deteksi wasir eksternal mungkin saja merupakan hal yang mudah dengan cara merasakan benjolan yang ada dengan tangan. Akan tetapi, jika wasir dalam harus menggunakan alat khusus sehingga benjolan wasir dapat kamu ketahui jelas lokasi hingga tingkat keparahannya. Salah satu alat yang sering para petugas medis gunakan untuk menganalisa penyakit wasir adalah anoskopi.

Mengenal alat anoskopi

Anoskopi merupakan prosedur pemeriksaan yang menggunakan tabung kecil untuk melihat secara jelas lapisan anus dan rektum. Prosedur ini biasanya menggunakan kamera kecil khusus yang ada pada ujung anoskop untuk memudahkan dokter melihat lebih jelas permasalahan wasir, tingkat keparahan, hingga seberapa membahayakankah wasir yang pasien alami.

Di klinik Vena Wasir Center sendiri, konsultasi sendiri langsung dilakukan menggunakan anoskopi yang memiliki kamera, lalu akan di analisa langsung oleh dokter spesialis berpengalaman. Sehingga, deteksi menjadi tepat, efektif, dan terperinci.

Baca juga: BAB Berdarah Adalah Gejala Wasir, Terapi Cukup 15 Menit

Konsultasi dan pemeriksaan di klinik Vena Wasir Center

Jika kamu mengalami permasalahan wasir, segeralah untuk melakukan konsultasi dan pemeriksaan terlebih dahulu di klinik Vena Wasir Center. Konsultasi dan pemeriksaan di Vena Wasir Center memiliki beberapa kelebihan, seperti:

  • Pemeriksaan menggunakan anoskopi yang memiliki kamera, sehingga deteksi menjadi lebih jelas dan detail.
  • Didampangi oleh dokter spesialis bedah dan tenaga medis berpengalaman.
  • Biaya konsultasi terjangkau karena sudah sekaligus dengan biaya pemeriksaan. 
  • Sudah terpercaya menjadi klinik pengobatan wasir terpercaya.

Baca juga: Atasi Ambeien Tanpa Harus Operasi Ambeien, Bisakah?

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image