Penderita Wasir Rentan Terkena Fisura Ani, Robeknya Lubang Anus!

Fisura ani merupakan nyeri pada anus yang penyebabnya adalah adanya robekan pada saluran anus. Penyebab utamanya sendiri adalah konstipasi atau sembelit, masalah kesehatan yang satu ini juga merupakan penyebab utama penyakit wasir. Tak jarang, banyak penderita wasir yang sudah parah juga mengalami komplikasi penyakit fisura ani. Lalu, bahayakah jika terjadi demikian? Simak selengkapnya di bawah ini!

Penjelasan mengenai fisura ani

fisura ani

Melansir dari jurnal kesehatan Clinical Practic Guidlines (2016) menyebutkan bahwa fisura ani merupakan permasalahan yang terjadi pada area dubur, yang biasanya terjadi pada pasien setelah beberapa saat melakukan buang air besar dan mengalami sembelit. Disebutkan bahwa 90% kejadian robeknya lubang ini terjadi pada area garis tengah posterior dari saluran anus.

Gejala fisura ani 

Ada beberapa gejala dari fisura ani yang hampir mirip dengan wasir, untuk itu terkadang banyak pasien yang menyalah artikan gejala robeknya lubang anus dengan wasir, di antaranya:

  • Nyeri dan perih pada area anus terutama setelah melakukan buang air besar. 
  • Mengeluarkan darah saat buang air besar. 
  • Adanya sensasi seperti terbakar pada anus. 
  • Biasanya keluar bau busuk pada area anus. 

Nah, gejala seperti ini akan terasa terganggu apalagi jika penderita juga mengalami penyakit wasir. 

Penjelasan wasir 

Penyakit wasir adalah pembengkakan pada pembuluh darah (vena) yang penyebabnya adalah akibat pola makan, pola hidup, kurang olahraga, kurang air minum, hingga beberapa kondisi tertentu seperti kehamilan. Berbeda dengan fisura yang merupakan masalah kesehatan yang cukup jarang, wasir merupakan penyakit yang cukup banyak terjadi pada masyarakat. 

Gejala wasir

Ada beberapa gejala wasir yang mengganggu penderitanya:

  • Perdarahan saat buang air besar. 
  • Nyeri terutama saat duduk pada alas yang keras. 
  • Menghambat aktivitas karena bisa menimbulkan anemia, gatal, hingga infeksi pada benjolan yang ada. 

Meskipun termasuk ke dalam penyakit umum, wasir bisa menimbulkan komplikasi seperti strangulasi ambeien atau suplai darah yang terganggu pada benjolan, sehingga menyebabkan rasa nyeri luar biasa. Selain itu, fisura ani juga menjadi salah satu komplikasi yang dapat terjadi pada penderita wasir. 

Baca juga: Pemeriksaan Penyakit Wasir dengan Anoskopi Modern!

Pengobatan pada wasir dan fisura ani 

Kedua permasalahan wasir maupun fisura ani merupakan penyakit yang sangat mengganggu aktivitas. Akan tetapi, permasalahan ini bisa penderita atasi dengan menggunakan metode terkini, sehingga tidak harus melakukan operasi bedah terbuka. Tindakan tersebut di antaranya: 

-Radiofrekuensi

Metode tindakan yang satu ini memanfaatkan gelombang radiofrekuensi untuk menghilangkan benjolan wasir. Tindakan ini hanya menggunakan bius lokal, dengan waktu tindakan yang singkat, minim risiko dan minim nyeri, efektif untuk menghilangkan wasir sekaligus fisura ani. 

-Laser

Tindakan yang satu ini memanfaatkan laser fiber untuk mengatasi wasir dengan waktu yang sangat singkat, tidak melakukan pemotongan pada jaringan wasir, karena laser fiber yang dihantarkan dengan alat berbentuk pipih yang panjang bisa mengempiskan wasir sampai 60% pada saat pertama kali tindakan. 

Selain tindakan di atas, tindakan Paran Injection Ligation for Ambeien (PILA) juga efektif untuk mengatasi wasir dalam atau internal yang menggangu. 

Vena Wasir Center

Jika kamu mengalami masalah fisura ani maupun wasir atau penyakit anorektal lainnya. Kamu bisa datang langsung untuk segera mengatasi wasir dan masalah anorektal yang mengganggu agar segera teratasi sehingga kamu bisa beraktivitas kembali.

Baca juga: Mengenal Makanan yang Bisa Menghilangkan Benjolan Wasir

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image