PENYEBAB, GEJALA DAN PENGOBATAN WASIR

Wasir atau hemoroid adalah pelebaran pembuluh darah di area anus yang berasal dari pleksus hemoroidalis dan bukan merupakan keadaan patologis (tidak normal). Menurut data dari Badan Kesehatan Dunia (WHO), jumlah penderita hemoroid di dunia mencapai 54% dari keseluruhan populasi dunia atau sekitar 230 juta orang. Sementara di Indonesia, berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan tahun 2008, jumlah penderita hemoroid mencapai 5,7 % dari total populasi atau sekitar 10 juta orang.

Pada umumnya, 50% penderita wasir atau ambeien adalah orang tua yang berusia lebih dari 50 tahun. Ambeien tidak hanya terjadi pada usia tua saja, tetapi juga dapat terjadi pada usia muda baik pria maupun wanita.

FAKTOR RISIKO

  1. Keturunan: Dinding pembuluh darah yang tipis dan lemah
  2. Pekerjaan: Berdiri atau duduk terlalu lama atau sering mengangkat beban berat
  3. Usia: Kondisi tubuh yang semakin menua secara alami menyebabkan jaringan pembuluh darah di sekitar rektum dan anus semakin melemah dan meregang, sehingga rentan membengkak.
  4. Kehamilan: Seiring usia kehamilan yang semakin membesar, rahim akan ikut berkembang mengikuti perkembangan janin. Tekanan rahim ini kemudian akan menekan pembuluh darah yang ada di usus besar hingga memicu munculnya benjolan di daerah anus. 40% wanita hamil menderita hemoroid saat memasuki trisemester.
  5. Gaya hidup: Salah satu faktor risiko hemoroid adalah gaya hidup yang tidak sehat, sering mengonsusmi makanan cepat saji, Kurang mengonsumsi makanan yang memiliki serat, kurang minum air dan tidak berolahraga.

GEJALA

Pada sebuah studi, International Journal of Colorectal Disease tahun 2012, disebutkan dari 976 peserta, 39% menderita hemoroid. Diantara penderita hemoroid tersebut, 55% penderita, tidak mengalami gejala.  Gejala hemoroid meliputi:

  • Perdarahan saat buang air besar
  • Timbul rasa nyeri atau gatal di area anus
  • Pembengkakan pada area anus
  • Keluarnya cairan atau lendir setelah buang air besar melalui anus
  • Rasa tidak puas saat buang air besar
  • Rasa tidak nyaman pada area bokong

Keluarnya darah saat buang air besar disebabkan oleh feses atau kotoran yang mengeras. Akibat dari terjadinya perdarahan yang berulang dan berlebihan, dapat menyebabkan seorang penderita ambeien, menderita anemia saat bersamaan.

PENCEGAHAN

  1. Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dapat melunakkan tinja atau feses
  2. Minum banyak cairan, minumlah enam hingga delapan gelas air satu hari
  3. Segera buang air besar jika sudah merasa ingin
  4. Berolahraga
  5. Hindari duduk terlalu lama
  6. Hindari mengangkat beban berat

JENIS WASIR

Wasir dibedakan menjadi 2 jenis berdasarkan letak pleksus hemoroid, yaitu internal (wasir dalam) dan eksternal (wasir luar). Wasir internal yaitu, pelebaran pleksus vena hemorrhoidalis atas dan wasir eksternal adalah pelebaran pleksus vena hemorrhoidalis bawah. Pleksus hemoroid merupakan pembuluh darah normal yang terletak pada lapisan rektum dan kulit anus.

Wasir Internal

Pada penderita wasir internal (dalam), benjolan wasir terdapat di dalam anus dan terbungkus dalam lapisan yang disebut mukosa. Wasir dalam tidak dapat dilihat dari luar, maupun diraba. Biasanya, timbul disertai gejala perdarahan pada rektum tanpa disertai dengan rasa nyeri dan cenderung hilang sendirinya. Wasir internal dapat menjadi prolaps ketika wasir membengkak dan keluar dari anus. Hemoroid internal dibagi menjadi 4 derajat yaitu :

  • Derajat I  :

Terdapat perdarahan merah segar sewaktu buang air besar, tanpa disertai rasa nyeri dan tidak terdapat benjolan yang keluar anus.

  • Derajat II :

Terdapat perdarahan/tanpa perdarahan sewaktu buang air besar dan keluarnya benjolan yang dapat masuk sendiri.

  • Derajat III :

Terdapat perdarahan/tanpa perdarahan sewaktu buang air besar dan benjolan tidak dapat masuk sendiri jadi harus didorong dengan jari.

  • Derajat IV 

Terdapat perdarahan sewaktu buang air besar, benjolan tidak dapat didorong masuk dan benjolan terjepit otot anus.

Wasir eksternal

Pada penderita wasir eksternal, benjolan terdapat di luar anus dan dapat dilihat juga diraba. Biasanya benjolan ini keluar dari anus jika penderita mengejan saat buang air besar. Berbeda dengan wasir internal yang biasanya timbul disertai gejala seperti, perdarahan pada rektum tanpa disertai dengan rasa nyeri.

Wasir eksternal jika sudah terkena trombosis (pembekuan) akan timbul gejala nyeri dan juga pembengkakan. Namun, rasa nyeri ini hanya akan dirasakan selama 2-3 hari, sementara untuk pembengkakannya akan membutuhkan waktu 1-2 minggu. Jika gejala tersebut tidak hilang, dokter akan meresepkan obat pelunak feses untuk mempermudah pengeluaran feses. Namun, jika sudah parah, dokter akan merekomendasikan pengangkatan wasir dengan melakukan pembedahan.

Diagnosis

Jika sudah mengalami gejala perdarahan saat buang air besar segeralah  konsultasi pada dokter. Untuk mendiagnosis wasir, dokter perlu melakukan pemeriksaan seperti:

  • Melakukan sesi wawancara atau anamnesis dengan pasien
  • Pemeriksaan fisik
  • Pemeriksaan penunjang dengan menggunakan alat khusus seperti anuscope

Pemeriksaan tersebut sangat penting untuk mendiagnosis apakah pasien benar menderita wasir atau penyakit lainnya. Pasalnya, keluarnya darah saat buang air besar, nyatanya bukan hanya gejala wasir. Namun, juga menjadi gejala beberapa penyakit lainnya seperti, kanker anus, fisura ani, abses perianal dan radang usus. Oleh sebab itu, pemeriksaan ke dokter sangatlah penting.

METODE PENGOBATAN WASIR

  • BEIM
meyode beim safute

Metode BEIM atau yang dikenal dengan istilah laser safute ini sudah populer digunakan para dokter di Cina sejak 12 tahun lalu untuk pengobatan wasir. Melalui metode ini, permukaan luka akan langsung tertutup oleh jaringan yang dikeringkan oleh teknologi BEIM. Oleh karena itu, kuman tidak dapat masuk dan risiko infeksi sebesar nol persen. Risiko perdarahan lebih minimal dan pengobatan dapat dilakukan tanpa rawat inap sehingga pasien bisa lebih cepat beraktivitas kembali. 

Mengobati hemoroid atau wasir dengan BEIM adalah salah satu pilihan terbaik untuk pengobatan tanpa rawat inap dan tanpa operasi pembedahan. Namun, pasien harus berkonsultasi terlebih dahulu tentang penyakit ambeien yang dideritanya. Dokter pun akan mendiagonosis dengan detail mengenai tingkat ambeien yang diderita. Selain konsultasi dengan dokter, jangan lupa untuk pasien ambeien menjaga kebugaran tubuh sebelum tindakan pengangkatan ambeien dengan BEIM. Hal ini untuk menghindari lemas yang berlebihan pasca pengobatan.

  • RADIOFREKUENSI

Radiofrekuensi merupakan teknologi terbaru atasi wasir dengan efektivitas mencapai 90%. Prinsip Radiofrekuensi ini memanfaatkan gelombang radio berfrekuensi tinggi sekitar 4.0 Mhz yang kemudian dihantarkan melalui sebuah elektroda microfiber. Sehingga, tidak menimbulkan rasa panas pada jaringan yang diberikan perlakuan radiofrekuensi.

Kelebihan menggunakan radiofrekuensi adalah, mengurangi risiko kerusakan jaringan, tanpa rawat inap, wasir kering hingga kepangkal, setelah pengobatan dapat beraktivitas.

  • LIGASUR

Ligasur adalah modalitas diatermi baru pada hemoroidektomi, dengan banyak keuntungan. Dibandingkan dengan hemoroidektomi eksisi konvensional, Hemoroidektomi LigaSur lebih unggul dan lebih menguntungkan dalam hal waktu operasi pendek, minim atau bahkan tanpa perdarahan, minim nyeri pasca operasi, komplikasi rendah, penyembuhan luka lebih cepat, dan kembali bekerja lebih awal. Hasil pembedahan Hemoroidektomi LigaSur menunjukkan kepuasan pasien yang tinggi dan kekambuhan (wasir kembali) rendah.

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image