Penyebab Ibu Hamil Sering Mengalami Wasir

Banyak tantangan yang dihadapi wanita hamil. Selain harus menjaga janin yang dikandungnya tetap sehat sampai lahir, ibu hamil juga menghadapi risiko yang tak kalah beratnya, yaitu wasir. Wasir adalah pembengkakan vena di anus dan rektum.


LAYANAN Vena Wasir:
Call Center : 0821-1033-3310
Whatsapp Chat\Pendaftaran Online :
linktr.ee/venawasir

Wasir sering terjadi selama kehamilan terutama pada usia kehamilan mencapai trimester ketiga, atau pada usia kehamilan 6-9 bulan. Ini karena selama trimester tersebut, rahim terus membesar dan memberi tekanan pada vena.

Beberapa wanita mendapatkan wasir untuk pertama kalinya ketika mereka hamil. Tetapi jika wanita tersebut pernah mengalami wasir sebelumnya, maka ada kemungkinan wanita tersebut akan mengalami wasir lagi ketika hamil.

PENYEBAB WASIR PADA WANITA HAMIL

Lalu, apa saja yang menjadi penyebab wasir semasa hamil? Selain tekanan vena pada anus dan rektum, wasir bisa terjadi lantaran terjadi peningkatan hormon progesteron selama kehamila. Hormon tersebut berperan meningkatkan pembuluh darah yang dapat memperbesar pembuuh darah.   

Kecuali dua faktor penyebab tersebut, wasir pada masa kehamilan bisa juga dipicu oleh antara lain: Mengejan saat buang air besar, mengejan karena mengandung dengan berat janin yang cukup besar, duduk atau berdiri dalam tempo lama, dan wanita hamil juga mengalami konstipasi atau sembelit.

Mengenai sembelit, menurut penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal (BMJ) Clinical Evidence, sebanyak 38 persen wanita hamil menjadi sembelit di beberapa titik selama kehamilan.

Selanjutnya, hormon kehamilan juga dapat memperlambat pergerakan makanan melalui saluran pencernaan, sehingga mengakibatkan  sembelit lebih mungkin terjadi.

Di samping itu, suplemen zat besi yang kerap diberikan pada ibu hamil juga dapat menyebabkan sembelit. Zat besi diberikan agar wanita hamil tidak menderita anemia. Jadi ada baiknya, ibu hamil mendapatkan zat besi dari makanan sayuran yang kaya akan zat besi.

PENCEGAHAN WASIR SAAT HAMIL

Wasir semasa hamil tidak berbahaya bagi ibu hamil dan juga janin atau bayi yang akan dilahirkan. Wasir memang bisa memburuk apabila wanita tengah menjalani persalinan normal.

Sebab waktu mengejan untuk mengeluarkan bayi turut mempengaruhi tekanan lebih besar pula pada anus dan rektum. Namun demikian, jangan kawatir, gejala wasir akan menghilang dengan sendirinya setelah bayi lahir.

Meskipun bakal hilang, wasir selama hamil tetap tidak mengenakkan, karena anus dan rektum terasa gatal dan tidak mengenakkan jika berjalan dan sedang duduk. Oleh karena itu ada baiknya wasir perlu dicegah.

Bagaimana mencegahnya? Seperti juga berlaku pada orang yang tidak hamil, makan banyak makanan berserat tinggi itu yang harus dilakukan. Makanan yang mengandung serat, di antaranya buah-buahan seperti buah pir, alpukat, dan beri.

Sedangkan sayuran seperti brokoli dan kubis atau kol. Lalu, biji-bijian utuh yang perlu dikonsumsi, seperti oatmeal, beras merah, quinoa, dan bahkan popcorn. Yang terakhir adalah yang tergolong polong-polongan berupa berbagai jenis kacang, kacang merah, dan kacang hijau.

baca juga: cara mengolah sayur yang benar

*sumber: British Medical Journal (BMJ) Clinical Evidence,

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image