PENYEBAB RASA GATAL DI AREA ANUS

Pruritus ani adalah timbulnya rasa gatal di area anus. Kondisi ini, mendorong seseorang untuk menggaruk area yang gatal tersebut. Intensitas gatal akan meningkat tergantung tingkat kelembaban, tekanan saat duduk atau gesekan dari pakaian yang digunakan.

Paling buruk, dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang tak tertahankan disertai dengan rasa terbakar dan nyeri. Diperkirakan bahwa hingga 5% populasi Amerika Serikat mengalami ketidaknyamanan jenis ini setiap hari. Timbulnya rasa gatal pada anus dapat memiliki banyak kemungkinan, oleh karena itu tidak ada salahnya untuk memeriksakannya ke dokter.

PENYEBAB

  • WASIR

Gatal pada anus bisa menjadai salah satu pertanda dari sebuah penyakit, salah satunya adalah wasir. Wasir adalah pelebaran pembuluh darah vena (pembuluh darah balik) di dalam pleksus hemorrhoidalis yang ada di daerah anus.

  • ALERGI

Penggunaan produk tertentu yang tidak cocok dengan kulit dapat menyebabkan alergi sehingga timbul gatal, seperti penggunaan tisu basah, sabun atau pembersih area kewanitaan. Selain itu juga akibat dari terlalu sering atau kurang membersihkan anus setelah buang air besar atau buang air kecil.

  • CACINGAN

Selain wasir dan alergi, ternyata rasa gatal pada anus dapat disebabkan karena cacing kremi. Cacing kremi betina akan keluar melalui anus saat malam hari ketika akan bertelur untuk meletakkan telur-telurnya pada lipatan kulit di sekitar anus. Hal tersebut yang menyebabkan gatal pada anus.

PERAWATAN

Karena ada banyak faktor yang menyebabkan anus gatal, tentunya cara perawatannya akan berbeda-beda sesuai dengan penyebabnya. Lebih lanjut, sangatlah penting untuk memiliki diagnosis yang benar untuk memastikan

pengobatan yang tepat untuk menghilangkan gejala gatal. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

PENCEGAHAN

  • Jangan menunda untuk buang air besar
  • Perbanyak makan-makanan berserat agar feses menjadi lunak
  • Gunakan pakaian dalam yang longgar dan terbuat dari katun bukan bahan sintetis. Hindari duduk terlalu lama.
  • Menjaga kebersihan area anus dan kebersihan diri.
Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image