PERAWATAN DAN PENCEGAHAN WASIR INTERNAL

Wasir dibedakan menjadi 2 jenis yaitu internal (wasir dalam) dan eksternal (wasir luar). Wasir internal yaitu, pelebaran pleksus vena hemorrhoidalis atas dan wasir eksternal adalah pelebaran pleksus vena hemorrhoidalis bawah. Pleksus hemoroid merupakan pembuluh darah normal yang terletak pada lapisan rektum dan kulit anus.


LAYANAN Vena Wasir:
Call Center : 0821-1033-3310
Whatsapp Chat\Pendaftaran Online :
linktr.ee/venawasir

Penyebab Wasir Internal

  1. Usia, semakin bertambahnya usia, secara alami akan menyebabkan jaringan pembuluh darah di sekitar rektum dan anus semakin melemah sehingga rentan membengkak.
  2. Kehamilan, rahim akan berkembang mengikuti perkembangan janin seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Tekanan pada rahim kemudian akan menekan pembuluh darah yang berada di usus besar hingga memicu munculnya benjolan di daerah anus. 
  3. Pola gaya hidup, salah satu faktor risiko wasir adalah gaya hidup yang tidak sehat, kurang mengonsumsi makanan berserat, kurang minum air, malas berolahraga, terbiasa duduk atau berdiri terlalu lama dan sering mengangkat beban berat,

Gejala Wasir Internal

Pada penderita wasir internal (dalam), benjolan wasir terdapat di dalam anus dan terbungkus dalam lapisan yang disebut mukosa. Wasir dalam tidak dapat dilihat dari luar, maupun diraba. Biasanya, timbul disertai gejala perdarahan pada rektum tanpa disertai dengan rasa nyeri dan cenderung hilang sendirinya. Wasir internal dapat menjadi prolaps ketika wasir membengkak dan keluar dari anus. Hemoroid internal dibagi menjadi 4 derajat yaitu :

  • Derajat I  :

Terdapat perdarahan merah segar sewaktu buang air besar, tanpa disertai rasa nyeri dan tidak terdapat benjolan yang keluar anus.

  • Derajat II :

Terdapat perdarahan/tanpa perdarahan sewaktu buang air besar dan keluarnya benjolan yang dapat masuk sendiri.

  • Derajat III :

Terdapat perdarahan/tanpa perdarahan sewaktu buang air besar dan benjolan tidak dapat masuk sendiri jadi harus didorong dengan jari.

  • Derajat IV 

Terdapat perdarahan sewaktu buang air besar, benjolan tidak dapat didorong masuk dan benjolan terjepit otot anus.

Diagnosis

Ketika  buang air besar disertai keluarnya darah, segeralah konsultasi ke dokter. Mengapa? Karena tidak hanya wasir yang memiliki gejala keluarnya darah melalui anus, namun penyakit seperti kanker anus, fisura ani, abses perianal dan radang usus juga memiliki gejala yang sama. Oleh sebab itu, pemeriksaan oleh dokter sangatlah penting.

Dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik dan melakukan tes lain untuk menentukan ada atau tidaknya wasir. Salah satu tesnya adalah colok dubur. Colok dubur adalah pemeriksaan manual oleh dokter dengan menggunakan jari yang sudah ditutupi sarung tangan dan telah diberi pelicin.

Perawatan Wasir Internal

  1. Mandi air hangat dengan posisi duduk dua kali sehari
  2. Mengompres benjolan wasir dengan es
  3. Menjaga kebersihan area antara vagina dan dubur
  4. Menggunakan bantal wasir
  5. Mengubah posisi tidur menjadi miring

Pencegahan Wasir Internal

  1. Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat dapat melunakkan tinja atau feses
  2. Minumlah enam hingga delapan gelas air satu hari
  3. Segera buang air besar jika sudah merasa ingin, jangan ditunda
  4. Berolahraga
  5. Hindari duduk atau berdiri terlalu lama
  6. Hindari mengangkat beban berat

Pengobatan Wasir Internal

Terdapat berbagai cara untuk mengobati wasir, baik secara alami maupun secara medis (pembedahan).

Obati Wasir Secara Alami

  • Daun Ungu

Daun ungu atau yang dikenal oleh orang sunda dengan nama handeuleum, saat ini sedang menjadi primadona dikalangan masyarakat khususnya penderita wasir. Tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Graptophyllum pictum ini dikabarkan mampu mengobati wasir. Daun ungu mengandung bahan aktif senyawa saponin, flavonoid, tanin, steroid, dan alkaloid yang diduga dapat membantu mengatasi peradangan dan melunakkan tinja.

  • Bawang Putih

Allium sativum atau dikenal sebagai bawang putih dipercaya dapat menjadi obat alami untuk wasir. Bawang putih memiliki kandungan asam amino, mineral dan enzim seperti allinase, peroksidase dan myrosinase. Selain itu juga mengandung  zat anti inflamasi, antibakteri, zat dan detoksifikasi.

  • Lidah Buaya

Aloe Vera atau lebih dikenal dengan lidah buaya,merupakan tanaman yang telah dikenal memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan ataupun kecantikan sejak lama. Tanaman lidah buaya mengandung sifat antiinflamasi yang dapat mengobati wasir.

Bedah Wasir

  • KOAGULASI

Teknik ini digunakan untuk mengobati perdarahan pada wasir internal. Wasir internal adalah perdarahan di dinding anus atau bagian bawah rektum. Dalam metode ini, dokter akan menggunakan arus listrik atau sinar infra merah untuk membuat jaringan parut pada wasir. Jaringan ini akan membatasi suplai darah ke wasir.

  • LIGASI GELANG KARET

Ini adalah jenis operasi wasir yang paling banyak dilakukan. Prosedur ini melibatkan penggunaan pita atau gelang karet untuk membatasi suplai darah ke pangkal wasir daerah yang mengalami wasir.

  • SKLEROTERAPI

Prosedur ini dilakukan dokter dengan menyuntikkan larutan kimia ke dalam wasir internal. Tujuannya adalah membantu menghilangkan rasa sakit dengan membuat ujung saraf mati rasa di sekitar area wasir, sehingga terbentuk jaringan parut yang menyulitkan darah mengalir ke daerah wasir.

  • HEMOROIDEKTOMI

Metode ini bertujuan mengangkat organ terjadinya wasir. Sebelum diangkat pasien biasanya  dibius total. Setelah pasien tak sadar, dokter akan membuka anus dan memotong wasir. Pemotongan dapat dilakukan dengan gunting bedah atau laser. Setelah beres, dokter menutup luka tadi.S

Selama proses penyembuhan, pasien wasir tidak dapat mengonsumsi makanan yang keras. Pasien di anjurkan mengonsumsi makanan lunak yang kaya serat, minum banyak air, dan tidak duduk dalam tempo lama. Kemudian dianjurkan tidak mengejan saat buang air besar (BAB), dan mengangkat beban berat.

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image