PERAWATAN PASCA OPERASI WASIR

Wasir tidak dapat dianggap remeh. Bila sudah parah, maka satu-satunya tindakan yang efektif adalah dengan melakukan operasi. Pembedahan dilakukan dengan tujuan untuk membatasi pasokan darah atau menghilangkan wasir. Terdapat beberapa jenis bedah wasir, seperti ligasi gelang karet, koagulasi, skleroterapi, dan  hemoroidektomi. Perlu ketahui pula perawatan pasca operasi wasir

Semua jenis operasi wasir merupakan prosedur yang aman dan dapat mengobati wasir secara efektif. Pilihan melakukan pembedahan dilakukan ketika pengobatan non bedah tidak berhasil. Dalam kebanyakan kasus, pemulihan penuh dimungkinkan dalam 1 sampai 3 minggu. 

Rasa nyeri pasca operasi wasir wajar terjadi. Biasanya dokter akan memberikan obat penghilang rasa sakit. Perawatan wasir setelah operasi sangat penting. Beberapa perawatan pasca operasi wasir yang perlu dilakukan, seperti berikut:

1.Istirahat Yang Cukup

Setelah melakukan operasi, pasien dianjurkan untuk beristirahat selama 2-3 hari. Setelah itu, pasien dapat beraktivitas seperti biasanya hanya saja jangan melakukan aktivitas yang berat.

2. Jangan Mengedan Ketika BAB

Pasca operasi wasir, biasanya dokter akan menyarankan untuk buang air besar ketika benar-benar merasa mulas. Tidak boleh mengedan terlalu keras dan sebaiknya menggunakan toilet duduk.

3.Berendam di Air Hangat

Berendam di air hangat atau melakukan sitz bath sehari tiga kali dengan campuran bubuk PK (Kalium Permanganat) selama 15 menit di mimggu pertama. Di minggu kedua cukup lakukan sehari satu sampai dua kali saja. Ketika berendam, lakukan merenggang-renggangkan bokong.

4. Makanan Lunak yang Mudah Dicerna

Di 1 minggu pertama pasien hanya boleh mengonsumsi makanan yang lunak dan mudah dicerna seperti bubur. Hindari konsumsi makanan yang keras. Makanan keras akan sulit dihancurkan dalam sistem pencernaan dan feses menjadi keras. Feses yang terlalu keras dapat membuat kondisi anus dan rektum yang baru dioperasi mengalami masalah seperti perdarahan akibat luka terbuka.

5.Perawatan Luka

Setelah melakukan operasi wasir, pasien perlu melakukan perawatan luka pasca operasi. Hal ini bertujuan untuk meringankan nyeri pasca operasi dan mempercepat proses penyembuhan. Selain berendam air hangat dengan menggunakan larutan bubuk PK, dokter biasanya akan menyarankan untuk mengompres luka dengan kassa dan obat merah.

Komplikasi serius setelah operasi sangatlah jarang terjadi. Namun, jika mengalami perdarahan yang parah, segeralah ke dokter.

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image