Perhatikan! 5 Ciri-Ciri Ambeien Yang Perlu Diwaspadai

Ciri-ciri ambeien bisa terlihat berdasarkan stadium maupun jenisnya. Ciri ciri ambeien yang paling mudah adalah terjadinya pembengkakan pada pembuluh darah vena. Kondisi ini dapat terjadi akibat tekanan rektum pada bagian bawah.

Berbagai penyebab ambeien

ciri-ciri ambeien

Beberapa faktor yang bisa meningkatkan penyakit wasir adalah, aktivitas mengejan berlebihan saat buang air besar, kebiasaan duduk terlalu lama, kelebihan berat badan hingga kurangnya asupan makanan berserat. Berikut beberapa penjelasan terkait beberapa faktor pemicu terjadinya penyakit ambeien.

Faktor usia

Bertambahnya usia bisa menyebabkan jaringan pada pembuluh darah pada area rektum dan juga anus semakin melemah. Kondisi inilah yang bisa jadi pemicu pembengkakan. Pembengkakan pada area rektum dan juga anus inilah yang menjadi salah satu penyebab terjadinya ambeien.

Kehamilan

Ibu hamil, sering kali merasakan penyakit wasir. Hal ini dapat terjadi karena rahim akan ikut berkembang seiring usia kehamilan yang bertambah. Pada kondisi ini rahim akan menekan pembuluh darah yang ada pada usus besar dan memicu terjadi benjolan pada area anus.

Kebiasaan mengangkat benda berat

Kebiasaan mengangkat benda berat juga bisa menjadi penyebab terjadinya wasir. Hal ini akibat terjadinya penumpukan tekanan pada bagian rektum yang akan mempengaruhi aliran darah dan membuat pembuluh darah menjadi bengkak.

Penyakit sembelit kronis

Sembelit kronis bisa jadi pemicu ambeien karena penderita perlu mengeluarkan tenaga lebih saat buang air besar. Tekanan inilah yang menyebabkan pembengkakan pembuluh darah pada anus dan menyebabkan ambeien.

Kebiasaan duduk lama

Terlihat sederhana, ternyata duduk terlalu lama bisa jadi penyebab ambeien. Hal ini karena kebiasaan duduk terlalu lama bisa menekan dinding pada pembuluh darah hingga semakin membesar dan menjadi penyebab terjadinya ambeien.

Ciri-ciri ambeien 

Penyakit ambeien memang banyak terjadi pada usia 50 ke atas. Namun, saat ini juga banyak penderita ambeien berusia lebih muda. Hal ini karena ambeien seringkali terabaikan dan baru akan berkonsultasi dengan dokter setelah kondisinya cukup serius. Padahal deteksi dini penyakit ambeien jelas sangat perlu untuk menghindari munculnya komplikasi penyakit lain. Berikut ciri ciri ambeien yang perlu kamu tahu: 

  1. Terasa nyeri dan tidak nyaman pada area dubur dan anus, 
  2. Terjadi iritasi pada area rektum, 
  3. Terjadinya pembengkakan pada area sekitar anus, 
  4. Mengalami buang air besar berdarah. 

Baca juga: Mungkinkah Wasir Bisa Hilang Permanen?

Cara sederhana menghindari ambeien

Kamu bisa menghindari ambeien dengan cara sederhana yaitu rutin mengonsumsi makanan berserat. Jenis makanan berserat yang bisa kamu pilih seperti sayur-sayuran dan buah. Berikut beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menghindari penyakit ambeien:

Rutin berendam air hangat

Berendam dengan air hangat bisa menghilangkan ketidaknyamanan dan rasa nyeri pada area anus. Kamu bisa rutin berendam air hangat minimal 10 menit setiap hari untuk meredakan ambeien.

Mengonsumsi buah manggis

Tahukah kamu, rutin mengonsumsi buah manggis bisa terhindar dari penyakit ambeien. Hal ini karena dalam buah manggis terkandung zat xanthones. Zat ini bermanfaat untuk melindungi tubuh dan merusak radikal bebas dari berbagai penyakit, salah satunya menghindari terjadinya peradangan pada anus akibat ambeien.

Mengonsumsi buah sirsak

Konsumsi buah sirsak secara rutin juga bisa menghindari penyakit ambeien. Hal ini karena dalam buah sirsak terkandung antioksidan yang bisa menghilangkan rasa sakit dan mencegah radikal bebas. Inilah yang menyebabkan buah sirsak bermanfaat untuk penderita ambeien, karena bisa melancarkan proses buang air besar.

Jika penderita ambeien merasa penyakitnya cukup parah dan tidak ada perubahan setelah menjalani beberapa prosedur alami tersebut, maka penderita wasir bisa berkonsultasi dengan dokter-dokter profesional di Klinik VENA WASIR CENTER BEKASI yang berada di Jl. Raya Jatiasih No. 7 Jatiasih Bekasi. Penderita juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu melalui Telepon: (021) 8242 0425 ataupun Whatsapp: 0811-9555-100.

Baca juga: Mengenal Dua Jenis Pengobatan Wasir!

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image