Pilihan Makanan Penyembuh Wasir

Makanan penyembuh wasir memang tidak boleh kamu pilih sembarangan. Penyakit wasir dapat terjadi ketika pembuluh darah dalam lubang anus mengalami pembengkakan ataupun infeksi. Wasir sendiri bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Beberapa faktor pendukung penyebab terjadinya wasir adalah, faktor keturunan sampai pola hidup yang tidak sehat. Tidak seperti yang lain, pilihan makanan penyembuh wasir bisa jadi faktor pendukung percepatan proses penyembuhan pada penyakit ini. Adapun beberapa jenis makanan yang perlu dihindari oleh penderita wasir seperti, makanan yang terbuat dari santan, makanan terlalu pedas, jenis minuman bersoda, daging-dagingan hingga jenis makanan olahan.

Jika tidak disiplin dalam memilih makanan penyembuhan wasir, maka sakit yang diderita bisa semakin lama disembuhkan. Untuk mempercepat proses pengobatan penderita wasir lebih disiplin dalam pilihan makanan penyembuhan wasir. 

Baca juga: BAB Berdarah Adalah Gejala Wasir, Terapi Cukup 15 Menit

Pilihan Makanan Penyembuh Wasir

Pilihan Makanan Penyembuh Wasir

Untuk melancarkan proses buang air besar, pilihan makanan penyembuh wasir ini sangat disarankan. Berikut beberapa pilihan makanan penyembuh wasir yang direkomendasikan; 

  • Buah pir, adalah salah satu jenis buah yang direkomendasikan untuk penderita wasir. Hal ini karena pada buah pir terdapat 22% kebutuhan serat harian dalam 6 gram. Selain itu, penderita wasir juga disarankan untuk mengonsumsi buah pir dengan kulitnya. Hal ini karena pada kulit buah pir terkandung serat yang tinggi.

  • Buah apel, adalah jenis buah yang disarankan selain pir untuk penderita wasir. Pada buah apel mengandung banyak serat yang diperlukan oleh penderita wasir. Dalam buah apel juga mengandung serat larut yang dapat menciptakan konsistensi berbentuk gel dalam saluran pencernaan. Ini bermanfaat untuk penderita wasir, karena dapat melancarkan proses buang air besar pada penderita wasir.

  • Seledri, adalah jenis pilihan makanan penyembuh wasir lain yang direkomendasikan untuk dikonsumsi. Pada satu tangkai seledri berukuran 28 – 30 cm, terdapat 1 gram serat dan 95% air. Kandungan air tinggi dalam sayuran seledri bermanfaat untuk melunakkan feses yang akan keluar. Hal ini membuat penderita wasir tidak lagi merasa nyeri saat buang air besar.

  • Brokoli, adalah jenis sayuran hijau yang dianjurkan dikonsumsi oleh penderita wasir secara rutin. 1 cangkir brokoli (76 gram) terdapat 2 gram serat. Serat pada sayuran brokoli bermanfaat untuk membantu mengolah feses pada penderita wasir.

  • Pisang, adalah salah satu jenis buah yang cukup banyak dikenal sebagai pilihan untuk melancarkan pembuangan feses. Dalam 1 buah pisang berukuran 18 – 25 cm terdapat 3 gram serat. Untuk diketahui pada buah pisang juga terdapat pektin dan juga pati resisten. Kedua kandungan ini bermanfaat bermanfaat untuk melancarkan keluarnya feses khususnya untuk penderita wasir.  

Baca juga:Klinik Wasir Bintaro, Sembuhkan Wasir Dalam 5 Menit

Yang perlu diperhatikan penderita wasir selain makanan 

Selain pilihan makanan penyembuh wasir, beberapa hal lain juga berpengaruh untuk mempercepat proses penyembuhan. Penderita wasir disarankan untuk tidak terlalu mengejan saat buang air besar. 

Selain mengejan, penderita wasir disarankan untuk tidak sering menahan buang air besar. Kebiasaan menahan buang air besar dapat membuat feses mengeras dan memicu terjadinya gesekan antara kulit dalam anus dengan kotoran. Hal inilah yang menjadi pemicu terjadinya wasir. 

Selain itu, penderita wasir juga disarankan untuk melakukan olahraga rutin minimal 20 – 30 menit setiap hari. Kebiasaan melakukan olahraga secara rutin dapat memberikan rangsangan pada gerakan usus, sehingga fese menjadi mudah keluar. Tindakan yang tepat dan pemeriksaan yang rutin dapat membuat penyakit wasir lebih cepat teratasi dan tidak menimbulkan penyakit lain.

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image