PROLAPS, WASIR KELUAR DARI ANUS

Wasir prolaps adalah kondisi ketika wasir internal membengkak dan wasir keluar dari anus. Memiliki gejala perdarahan yang muncul saat buang air besar, diikuti dengan rasa gatal pada anus, perih, sensasi terbakar, bahkan menyebabkan seseorang sulit untuk buang air besar. Wasir prolaps biasanya dapat kembali ke dalam sendirinya. Bahkan jika tidak, wasir prolaps dapat dengan lembut didorong kembali masuk ke dalam.

PENYEBAB WASIR MENJADI PROLAPS

Wasir dapat menjadi prolaps ketika jaringan yang menahannya melemah. Ada beberapa kemungkinan penyebab dan faktor risiko wasir menjadi prolaps, seperti:

  1. Mengejan saat buang air besar adalah salah satu penyebab yang mungkin, karena mengejan dapat memberikan tekanan ekstra pada wasir.
  2.  Kehamilan, wasir terjadi pada 40 persen wanita hamil dan jika tidak diobati, maka wasir bisa menjadi prolaps.
  3. Obesitas, kelebihan berat badan dapat menyebabkan tekanan pada vena rektum, menyebabkan pembentukan wasir dan prolapsnya wasir.
  4. Merokok juga dapat merusak pembuluh darah di dubur atau anus. Itu bisa meningkatkan risiko wasir dan prolaps wasir.
  5. Menempatkan sesuatu di anus, seperti selama aktivitas seksual dapat menyebabkan tekanan, yang mengakibatkan prolaps wasir.

DIAGNOSIS

Wasir dianggap prolaps ketika ada tonjolan di luar rektum. Wasir prolaps dapat diidentifikasi oleh dokter, saat pemeriksaan fisik yang melibatkan pemeriksaan rektum untuk jaringan yang renggang dan untuk mencari tahu seberapa kuat afingter anus dapat berkontraksi.

PENGOBATAN WASIR PROLAPS

1.Pengobatan di Rumah

Kompres es dan mandi sitz bath (metode perendaman pada area bokong dan kemaluan menggunakan air hangat) dapat membantu mengecilkan wasir. Penting untuk menghindari mengejan saat buang air besar. Konsumsi makanan tinggi serat dan banyak minum air mineral untuk menjaga feses tetap lunak. Melakukan olahraga jalan kaki secara teratur dapat mencegah memburuknya wasir yang prolaps. Terakhir, hindari minuman beralkohol dan kafein.

2. Minum Obat

Jika wasir tidak kunjung sembuh, ada berbagai perawatan medis yang dapat dilakukan, termasuk obat pelunak feses, supositoria dan obat-obatan lainnya.  

3. Bedah

Jika perawatan di rumah tidak berhasil dan wasir tetap berdarah atau sakit, terdapat beberapa pilihan perawatan dengan pembedahan. Pengobatan akan tergantung pada jenis dan tingkat wasir yang prolaps. Pilihan pengobatan untuk wasir yang prolaps umumnya sama dengan perawatan untuk jenis wasir lainnya. Berikut jenis-jenis bedah wasir:

LIGASI GELANG KARET

Ini adalah jenis operasi wasir yang paling banyak dilakukan. Prosedur ini melibatkan penggunaan pita atau gelang karet untuk membatasi suplai darah ke pangkal wasir daerah yang mengalami wasir.

KOAGULASI

Teknik ini digunakan untuk mengobati perdarahan pada wasir internal. Wasir internal adalah perdarahan di dinding anus atau bagian bawah rektum. Dalam metode ini, dokter akan menggunakan arus listrik atau sinar infra merah untuk membuat jaringan parut pada wasir. Jaringan ini akan membatasi suplai darah ke wasir.

SKLEROTERAPI

Prosedur ini dilakukan dokter dengan menyuntikkan larutan kimia ke dalam wasir internal. Tujuannya adalah membantu menghilangkan rasa sakit dengan membuat ujung saraf mati rasa di sekitar area wasir, sehingga terbentuk jaringan parut yang menyulitkan darah mengalir ke daerah wasir.

HEMOROIDEKTOMI

Metode ini bertujuan mengangkat organ terjadinya wasir. Sebelum diangkat pasien biasanya  dibius total. Setelah pasien tak sadar, dokter akan membuka anus dan memotong wasir. Pemotongan dapat dilakukan dengan gunting bedah atau laser. Setelah beres, dokter menutup luka tadi.

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image