RINGANKAN NYERI WASIR DENGAN SITZ BATH

Istilah Sitz bath berasal dari bahasa Jermansitzen yang berarti “duduk”. Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, memiliki arti mandi duduk. Meskipun namanya mandi duduk, dalam prakteknya hanya dilakukan perendaman dari pinggul sampai bokong dengan menggunakan air hangat. Tujuan dari sitz bath ini, selain untuk membersihkan area genital juga dapat membantu meringankan nyeri dan gatal di area genital, terutama ketika menderita wasir.

Melakukan Sitz Bath

sitz bath

Sitz bath juga dikenal sebagai rendam duduk. Cara melakukan rendam duduk ini dapat menggunakan bak mandi atau kit plastik yang diletakkan di atas toilet. Kit plastik adalah wadah berbentuk bulat, dangkal yang dilengkapi dengan kantong plastik yang memiliki selang panjang di bagian ujung.

Wadah ini ukurannya sedikit lebih besar dari dudukan toilet, sehingga dapat dengan mudah dan aman diletakkan di bawah dudukan toilet. Memungkinkan Anda tetap duduk saat melakukan sitz bath. Kit plastik ini tersedia di apotek atau toko penjual alat kesehatan.

Perawatan Sitz Bath

Berendam menggunakan air hangat dapat membantu meningkatkan aliran darah.  Biasanya digunakan sebagai perawatan di rumah untuk hal-hal berikut:

  •  Fisura ani
  • Sembelit atau diare
  • Wasir
  • Setelah persalinan
  • Setelah melakukan operasi wasir

RINGANKAN NYERI WASIR

Wasir nyeri memang teras mengganggu, namun dengan melakukan sitz bath setidaknya dapat meringankan rasa nyeri akibat wasir ataupun pasca operasi wasir. Namun, sitz bath tentunya tidak dapat menyembuhkan keluhan. Kemungkinan tetap membutuhkan perawatan lain. Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter mengenai keluhan yang dimiliki sebelum melakukan sitz bath.

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image