Stadium Wasir Yang Perlu Diketahui

Stadium memang dikenal dalam dunia kesehatan. Stadium merujuk pada tingkat keparahan dan keganasan suatu penyakit. Stadium banyak dikenal oleh awam pada penyakit kanker. Padahal wasir juga memiliki istilah stadium. Banyaknya stadium wasir dan kanker mencapai 4.


LAYANAN Vena Wasir:
Call Center : 0821-1033-3310
Whatsapp Chat\Pendaftaran Online :
linktr.ee/venawasir

Seorang pasien kanker terkena penyakit kanker stadium 4 berarti kemungkinan sembuhnya menipis karena sel-sel kanker sudah menyebar ke banyak organ tubuh lain.

Tetapi kondisi tubuh penderita wasir tidak semenakutkan pada stadium penyakit kanker. Pada wasir, seseorang yang mengalami wasir stadium 4 bukan berarti harapan hidupnya menipis dan tak bisa disembuhkan.  Adapun wasir adalah jenis penyakit yang ditandai pembesaran vena di dalam anus dan luar anus.

STADIUM WASIR

Untuk itu perlu dijelaskan beberapa stadium wasir sebagai berikut:

Stadium 1

Pada stadium ini mulai terjadi pembesaran pembuluh vena di anus. Ukurannya pun masih kecil, sehingga biasanya belum menimbulkan gejala yang bisa dirasakan oleh tubuh, kecuali perasaan tidak nyaman pada saat buang air besar (BAB). Hanya dokter spesialis yang bisa mengetahui lewat pemeriksaan dengan endoskopi. Endoskopi merupakan peralatan pemindai yang bisa melihat kelainan pada saluran dalam tubuh mana dengan memasukkan ke dalam tubuh, baik lewat mulut maupun anus.  Biasanya  wasir stadium ini bisa disembuhkan dengan mengatur BAB dan mengonsumsi beberapa jenis obat wasir dan mengatur pola makan yang sehat.

Stadium 2

Pada tahap ini, pasien sudah bisa merasakan dan meraba pada organ di bawah. Pembesaran vena sudah mulai dapat teraba. Wasir bisa keluar dari anus dan masuk kembali secara spontan. Selain itu namun belum ada perdarahan. Kadangkala muncul infeksi yang mengakibatkan rasa panas dan  gatal di anus. Kemungkinan rasa panas meningkat ketika duduk terlalu lama dan BAB. selain obat dapat dilakukan pengikatan (ligasi) atau penyuntikan dengan obat tertentu.

Stadium 3

Pembesaran vena lebih sering keluar dari anus, bahkan sudah tidak mampu dimasukkan kembali secara spontan. Tatkala terjadi kontraksi, vena yang membesar bisa pecah dan menimbulkan pendarahan. memang demikian, perlu dioperasi. Diperlukan dorongan oleh jari untuk memasukkan kembali pembsaran vena ke dalam anus. Maka untuk memasukkannya diperlukan bantuan jari. Dapat menimbulkan rasa panas saat duduk terlalu lama ataupun BAB. Untuk menyembuhkan salah satu caranya adalah dengan operasi. Namun kini ada alat yang sekali pakai yang dapat  mengurangi rasa sakit dibandingkan dengan cara operasi yang lama, dengan lama perawatan dan waktu penyembuhan yang jauh lebih singkat. Namun demikian harganya relatif lebih mahal ketimbang operasi, tergantung pada tarif yang ditetapkan rumah sakit.

Stadium 4

Stadium ini merupakan tahap dimana wasir sudah sangat parah. Pembesaran vena terjadi di luar anus, dan pasien tidak dapat memasukkan vena ke dalam anus, meskipun dengan bantuan jari. Pendarahan pun semakin sering terjadi lantaran vena semakin membesar. Apabila itu berlangsung terus atau lama, pasien bisa mengalami kekurangan darah atau penurunan kadar hemoglobin (HB). Pasien bisa menderita anemia juga. Dalam taraf ini, mau tidak mau pasien harus dioperasi agar venanya bisa masuk kembali.

Namun untuk mengetahui stadium berapa hemoroid yang diderita seseorang, dokter perlu mengetahui terlebih dahulu jenis hemoroidnya, apakah termasuk wasir luar atau dalam. Wasir luar atau eksternal adalahwa sir yang terjadi pada anus sehingga menimbulkan rasa perih, sakit, dan tidak nyaman, sedangkan wasir dalam atau internal terjadi bila pembesaran pembuluh vena terjadi di rektum atau dinding anus.

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image