SUKA MAKANAN ASIN?AWAS WASIR!

Makanan Indonesia kaya akan cita rasa, tidak heran jika banyak turis asing yang datang ke Indonesia sangat menyukai makanan Indonesia. Salah satu bumbu yang membuat makanan menjadi lebih nikmat adalah garam. Sehingga tidak mengherankan jika ada pepatah yang mengatakan bagai makan sayur tanpa garam, tidak nikmat.

LAYANAN Vena Wasir:
Call Center : 0821-1033-3310
Whatsapp Chat\Pendaftaran Online :
linktr.ee/venawasir

Garam adalah salah satu sumber sodium/natrium yang dibutuhkan oleh tubuh dalam menjaga metabolisme. Sodium merupakan salah satu bahan utama dalam garam meja, berguna untuk mengatur aliran dan tekanan darah. Juga membantu mengirimkan pesan antara saraf dan serat otot. Sedangkan klorida adalah bahan kimia lainnya di dalam garam meja, membantu proses pencernaan. Garam dapat membantu  menjaga kecukupan nutrisi bagi tubuh.

Meskipun garam memiliki manfaat bagi kesehatan, dalam penggunaannya, garam tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Terlalu banyak mengonsumsi garam ternyata dapat menimbulkan  masalah kesehatan seperti penyakit jantung, stroke, kerusakan ginjal, wasir dan masalah kesehatan lainnya.

MENGGANGGU MASALAH KESEHATAN

Penelitian di Eropa mengungkapkan bahwa asupan garam yang berlebihan dapat meningkatkan kematian akibat stroke di Uni Eropa. Penelitian pada tahun 2002 juga menunjukkan bahwa asupan garam yang berlebihan dapat meningkatkan risiko kematian akibat penyakit jantung koroner. Selain itu juga dapat mengakibat penyakit kardiovaskular maupun meningkatkan risiko kematian secara umum.

Oleh karena itu, pembatasan asupan garam dalam pola makan sangat diperlukan, baik oleh orang yang sehat maupun yang sudah mengalami masalah hipertensi. Pengaturan pola makan atau diet DASH yang rendah asupan garam juga sangat diajurkan untuk penderita hipertensi. WHO/FAO merekomendasikan batas asupan garam kurang dari lima gram atau sekitar satu sendok teh per hari.

Ketika mengonsumsi terlalu banyak sodium, tubuh akan menahan lebih banyak cairan. Hal itu karena ginjal, yang bertugas menyaring limbah dari darah, berusaha menjaga rasio khusus antara elektrolit, seperti sodium dan kalium terhadap air. Adanya garam berlebih, berarti ginjal menyimpan lebih banyak air dan ini bisa menimbulkan efek yang tidak diinginkan, seperti edema (pembengkakan di tempat-tempat seperti tangan, lengan, kaki, dan pergelangan kaki). Lebih banyak cairan, pada umumnya berarti lebih banyak darah mengalir melalui pembuluh darah dan arteri. Seiring waktu, pembuluh darah bisa menjadi kaku sehingga menyebabkan tekanan darah tinggi dan hipertensi, dan kelebihan garam dalam makanan juga dapat menyebabkan menyusutnya cairan, menyebabkan pembengkakan di semua pembuluh darah dan dapat memperparah wasir.

ALASAN ORANG SUKA MAKANAN ASIN

Sebuah penelitian di Australia tahun 2011 telah menemukan bahwa otak merespons natrium/sodium yang Anda konsumsi sama seperti ketika otak merespons nikotin. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika banyak orang yang “kecanduan” makanan asin atau gurih yang tinggi sodium.

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image