Tak Jaga Kebersihan Anus? Waspada Fistula Ani!

Fistula ani merupakan kondisi munculnya lubang atau terowongan yang terhubung dari anus hingga ke usus besar. Biasanya, kondisi ini terjadi akibat dari munculnya abses anal yang tak tertangani dengan baik. Meskipun begitu, melansir dari Alomedika, dr. Gisheila Ruth Anggita menyebutkan bahwa setidaknya 26-28% populasi di dunia mengalami permasalahan ini. Kondisi ini, memang bukan merupakan permasalahan umum. Namun, bukan berarti kamu tidak akan terkena penyakit seperti ini. Beberapa faktor risiko berikut ini memungkinkan seseorang mengalami kondisi ini!

Faktor penyebab fistula ani

Masalah fistula ani biasanya muncul akibat adanya abses anal. Melansir dari Quah Hak Mien Colorectal Center (2015) menyebutkan bahwa abses anal merupakan benjolan berisi nanah yang muncul akibat adanya infeksi di sekitar dubur. Abses anal ini ketika pecah akan menimbulkan terowongan yang terhubung usus besar dengan kulit, inilah yang disebut dengan fistula ani. Terowongan ini akan menimbulkan bau tak sedap dan menyebabkan penderitanya kesakitan atau merasa nyeri. Melansir dari Cleveland Clinic Medical Professional (2019) menyebutkan bahwa beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mengalami kondisi, di antaranya:

  • Penyakit radang usus atau Chron
  • Akibat radiasi yang berhubungan dengan pengobatan kanker
  • Trauma
  • Adanya penyakit kelamin
  • Tuberkulosis
  • Divertikulitis (peradangan atau infeksi di salah satu sisi kantong kecil di saluran pencernaan)
  • Kanker

Baca juga: Tips Memilih Klinik yang Tepat Untuk Pengobatan Wasir

Gejala fistula ani

Fistula ani biasanya memiliki beberapa gejala, seperti:

  • Terasa sakit atau nyeri pada anus
  • Terdapat ruam kemerahan
  • Merasakan bengkak atau radang di sekitar anus

Menurut Minesh Khatri, MD professor Columbia University menyebutkan bahwa beberapa penderita penyakit ini bisa saja mengalami perdarahan, sakit saat buang air besar atau buang air kecil, keluarnya cairan berbau busuk dari anus. Jika kamu sudah mengalami gejala di atas, maka segeralah untuk menghubungi dokter ahli.

Pengobatan yang tepat secara medis

Fistula ani merupakan penyakit yang sangat jarang terjadi, itulah mengapa pengobatan pada masalah kondisi ini harus sesuai dengan rekomendasi dari dokter spesialis. Untuk itu, memilih tempat pengobatan yang sesuai sangatlah penting. Di klinik Vena Wasir Center, kamu bisa mengobati masalah ini dengan metode dan teknologi terkini. Saat ini, ada beberapa metode yang biasa digunakan untuk pengobatan wasir, di antaranya:

Radiofrekuensi

Pengobatan ini menggunakan gelombang radiofrekuensi untuk mengatasi fistula ani. Selain untuk mengatasi fistula ani, pengobatan ini juga memiliki kelebihan yaitu tindakan ini cepat hanya beberapa menit, tak perlu rawat inap, dan bisa langsung aktivitas.

Laser

Selanjutnya adalah teknologi laser fiber yang juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit ini. Tindakan ini juga cepat, minim risiko karena tidak akan merusak jaringan lainnya.

Jika kamu mengalami penyakit ini, kamu bisa datang ke klinik Vena Wasir Center dan segera melakukan pengobatan untuk mengatasi wasir di Klinik Vena Wasir Center.

Baca juga: Ini Dia Cara Mengatasi Wasir Paling Praktis!

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image