TIDAK BENAR WASIR MENYEBABKAN KANKER

Keluarnya darah bersamaan dengan feses (kotoran) ketika buang air besar dan disertai benjolan pada area anus, membuat sebagian orang khawatir. Gejala tersebut bisa saja menandakan seseorang menderita penyakit tertentu, seperti wasir dan kanker kolorektal. Kedua penyakit tersebut tentu saja berbeda, namun memiliki gejala yang sama satu dengan yang lainnya.

PERSAMAAN GEJALA WASIR DAN KANKER KOLOREKTAL

PERDARAHAN

Seperti semua orang ketahui, keluarnya darah saat buang air besar merupakan salah satu gejala dari wasir. Namun, jangan menyepelekan hal tersebut dan jangan langsung memutuskan Anda terkena wasir karena kanker kolorektal juga memiliki gejala tersebut.

Warna darah dapat menunjukkan dari mana darah itu berasal. Darah merah terang lebih mungkin berasal dari saluran pencernaan bagian bawah, seperti dubur (anus) atau usus besar. Sementara itu, darah merah gelap mungkin merupakan tanda perdarahan di usus kecil. Kotoran hitam dan keruh paling sering terjadi akibat pendarahan di lambung atau bagian atas usus kecil. 

ANUS GATAL

Kedua kondisi tersebut, baik wasir maupun kanker kolorektal dapat menyebabkan gatal pada anus. Lendir dan tinja dari dalam rektum dapat mengiritasi kulit yang sensitif di dalam rektum dan di sekitar anus, menyebabkan gatal. Gatal biasanya meningkat setelah buang air besar dan mungkin lebih buruk di malam hari.

BENJOLAN PADA ANUS

Benjolan pada anus dapat disebabkan oleh wasir atau kanker kolorektal. Wasir jauh lebih mungkin menjadi penyebab benjolan di anus. wasir eksternal dan wasir yang prolaps dapat menyebabkan benjolan di bawah kulit tepat di luar anus. Jika darah terkumpul pada wasir eksternal, hal itu menyebabkan wasir trombosis dan akan sangat menyakitkan.

PERBEDAAN GEJALA WASIR DAN KANKER KOLOREKTAL

Meskipun memiliki gejala yang sama, bukan berarti tidak ada perbedaan dari gejala kedua kondisi tersebut.

KEBIASAAN BUANG AIR BESAR

Perubahan kebiasan buang air besar dapat menjadi salah satu gejala kanker kolorektal. Kebiasaan buang air besar setiap orang berbeda-beda, namun jika sudah sulit untuk buang air besar ataupun tidak merasa ingin BAB selama beberapa hari, atau mengalami diare, memungkinkan seseorang menderita kanker kolorektal.

KETIDAKNYAMANAN PERUT

Kanker kolorektal dapat menyebabkan nyeri atau ketidaknyamanan perut, termasuk mual, kembung dan kram. Wasir tidak menyebabkan gejala perut.

PENURUNAN BERAT BADAN

Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan adalah gejala umum kanker kolorektal. Sekitar 38 hingga 51 persen penderita kanker kolorektal mengalami penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, tergantung pada lokasi dan stadium kanker. Gejala ini tidak terjadi pada penderita wasir.

WASIR MENYEBABKAN RISIKO KANKER

Meskipun kedua penyakit tersebut memiliki gejala yang sama, namun tidak benar wasir dapat menyebabkan kanker. Tidak ada penelitian yang menyebutkan wasir dapat menyebabkan risiko kanker. Namun, untuk menghidari kedua kondisi tersebut, mulailah pola gaya hidup sehat seperti rutin berolahraga, konsumsi makanan berserat, banyak minum air mineral, jangan merokok, dan kurangi atau hindari minuman beralkohol.

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image