TIMBUL WASIR SETELAH MELAHIRKAN

Setelah melahirkan, ada perasaan lega bagi kaum wanita. Namun, terkadang terdapat beberapa kondisi masalah kesehatan yang dialami wanita, salah satunya adalah timbulnya wasir setelah melahirkan. Wasir atau hemoroid adalah kondisi di mana pembuluh darah pada area sekitar anus mengalami pembengkakan. Wasir dapat diderita siapa saja dan salah satunya adalah pada wanita hamil atau pada wanita setelah melahirkan.

LAYANAN Vena Wasir:
Call Center : 0821-1033-3310
Whatsapp Chat\Pendaftaran Online :
linktr.ee/venawasir

Gejala wasir seperti, mengalami rasa nyeri pada daerah sekitar anus, rasa gatal pada anus, membuat penderita wasir khususnya wanita hamil sangat tidak nyaman ketika duduk atau beraktivitas. Wasir saat hamil, umum terjadi terutama di akhir trimester kedua hingga selama trimester ketiga usia kehamilan.

PENYEBAB WASIR SETELAH MELAHIRKAN

Proses Mengejan Saat Melahirkan

Pada proses ini, wanita  berjuang untuk mengeluarkan bayinya dari rahim dengan cara mengejan. Pada saatproses mengejan  yang sangat kuat ini  lah yang menyebabkan wasir. Terlebih lagi wanita dapat memiliki wasir usai melahirkan apabila telah memilikinya saat hamil.

Pembuluh Darah Tertekan

Rahim  yang semakin membesar hari demi hari menekan pembuluh darah panggul dan pembuluh balik bawah (vena cava inferior).  Sebuah pembuluh darah besar di sisi kanan tubuh yang menerima darah dari tungkai kaki bagian bawah. Tekanan ini bisa memperlambat aliran darah kembali dari bagian bawah tubuh menuju jantung, kemudian meningkatkan tekanan pada pembuluh darah rahim sehingga menyebabkan pembuluh darah tersebut melebar dan bengkak.

Meningkatnya Hormon Progesteron

Peningkatan hormon progesteron selama kehamilan menyebabkan dinding pembuluh darah mengendur, yang menyebabkan mereka lebih mudah membengkak. Progesteron juga berkontribusi terhadap sembelit dengan memperlambat kerja saluran usus.

MENANGANI WASIR SETELAH MELAHIRKAN

Cara menangani wasir setelah melahirkan dapat dilakukan dengan mudah, seperti:

  1. Berendam dengan air hangat, terutama pada daerah anus sebanyak 2-4 kali dalam sehari. Cara ini dipercaya dapat membuat wasir menyusut.
  2. Kompres dengan es pada daerah yang mengalami pembengkakan. Es dapat membantu mengurangi pembengkakan.
  3. Hindari dari duduk terlalu lama atau gunakan bantal yang empuk.
  4. melakukan olahraga secara teratur.
  5. Perbanyakan makanan yang berserat
  6. Minum air mineral 8-10 gelas dalam sehari untuk membantu  pengerasan pada feses.
  7. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan.

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image