TINDAKAN WASIR SAAT HAMIL

Wasir merupakan kondisi yang umum dialami oleh setiap orang. Tidak hanya  remaja, orang dewasa dan lansia. Wanita hamil pun juga berisiko tinggi menderita wasir. Diperkirakan sebanyak 40% wanita hamil menderita wasir ketika menginjak usia kehamilan di atas 6 bulan.

Wasir saat masa kehamilan disebabkan oleh terjadinya peningkatan tekanan di dalam perut (tekanan intra abdominal) akibat adanya penempatan baru janin di dalam uterus yang dibungkus oleh selaput amnion dimana proses pertumbuhan terus terjadi hingga usia kehamilan 40-41 minggu. Akibat pembesaran rahim tersebut terjadilah peningkatan tekanan dan mempengaruhi elastisitas dinding perut bagian dalam hingga ke dinding anus di bagian terbawah perut.

TINDAKAN WASIR PADA WANITA HAMIL MENJADI PILIHAN TERAKHIR

Tindakan wasir saat hamil bukanlah pilihan utama untuk pengobatan wasir. Namun, menjadi pilihan terakhir. Pilihan untuk melakukan tindakan, tergantung dengan tingkat keparahannya. Jika mengalami perdarahan tak terkendali maka perlu dilakukan tindakan pengangkatan wasir.

Sangat berisiko melakukan tindakan wasir di trisemester pertama. Hal ini disebabkan karena janin sedang dalam proses pembentukan organ jantung, tulang, dan organ lainnya. Tidak menutup kemungkinan pemberian obat dapat mengganggu proses tersebut dan menyebabkan bayi menjadi cacat.

Jika dilakukan pada trisemester ketiga ketika mendekati proses persalinan, dikhawatirkan anak akan terlahir prematur. Namun, bagi wanita hamil yang ingin melakukan tindakan wasir, sebaiknya dilakukan saat memasuki trisemester kedua atau setelah melahirkan. Sangat penting untuk melakukan konsultasi dengan dokter kandungan sebelum melakukan tindakan.  

MEREDAKAN NYERI WASIR SAAT HAMIL

Bagi wanita hamil yang tengah menderita nyeri wasir, dapat melakukan beberapa langkah berikut ini untuk membantu meringkan.

  1. Kompres anus dengan es selama 10 menit.
  2. Tidak menahan buang air besar.
  3. Konsumsi makanan berserat dan minum air secukupnya (1 hari, 8 gelas).
  4. Melakukan senam kegel.
  5. Saat duduk, gunakan bantal wasir.
  6. Rendam bokong dengan air hangat selama 10-15 menit. Lakukan selama 3 kali sehari.
  7. Jangan terlalu lama duduk di toilet.

Jika nyeri yang terasa masih belum hilang juga, segeralah konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image