WANITA LEBIH BERISIKO KENA WASIR, MENGAPA?

Wasir atau hemoroid merupakan suatu kondisi pelebaran pembuluh darah vena (pembuluh darah balik) di dalam pleksus hemorrhoidalis yang ada di daerah anus. Penyakit ini ditandai dengan munculnya benjolan pada bagian anus, keluarnya darah  saat buang air besar dan rasa nyeri di sekitar anus. Penyakit ini memang tidak berbahaya, namun menyakitkan dan mengganggu aktivitas penderitanya.

LAYANAN Vena Wasir:
Call Center : 0821-1033-3310
Whatsapp Chat\Pendaftaran Online :
linktr.ee/venawasir

Wasir Pada Wanita

Wasir dapat terjadi pada siapa saja tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Namun, ternyata wanita lebih besar berisiko terkena wasir. Mengapa? Dibandingkan dengan laki-laki, wanita berisiko lebih besar menderita wasir karena secara berkala mengalami pelebaran pembuluh darah ketika menstruasi. Selain karena mengalami pelebaran pembuluh darah ketika menstruasi, wasir juga dapat diderita oleh wanita hamil.

WANITA HAMIL

Saat hamil, rahim akan terus membesar dan memberikan tekanan pada vena panggul dan vena kava inferior, yaitu pembuluh darah besar di sisi kanan tubuh yang menerima darah dari kaki. Tekanan ini kemudian dapat memperlambat kembalinya darah dari bagian bawah tubuh, sehingga meningkatkan tekanan pada pembuluh darah di bawah rahim dan menyebabkan membesar atau membengkak.

Selain itu, peningkatan hormon progesteron selama kehamilan juga menyebabkan dinding pembuluh darah berelaksasi, sehingga pembuluh darah lebih mudah menjadi bengkak. Hormon progesteron juga dapat menyebabkan sembelit dengan cara memperlambat pergerakan usus.

Sembelit saat hamil atau setelah melahirkan dapat menyebabkan tekanan pada pembuluh darah, sehingga bisa berkembang menjadi atau memperburuk wasir. Ketika wanita dalam proses melahirkan, jika mengedan terlalu keras juga akan menyebabkan wasir. Namun, tindakan wasir saat hamil tidak disarankan.

MENCEGAH WASIR PADA WANITA

  • Lakukan senam kegel
  • Hindari mengejan terlalu kuat saat BAB
  • Mencegah konstipasi / sembelit dengan mengonsumsi makanan kaya serat (sayur dan buah serta kacang-kacangan) serta banyak minum air putih minimal delapan gelas sehari untuk melancarkan BAB serta menghindari makanan dan aktivitas yang dapat menjadi penyebab wasir
  • Jangan menunda-nunda buang air besar sebelum feses menjadi keras
  • Kurangi konsumsi makanan pedas dan berlemak
  • Tidur yang cukup
  • Jangan duduk terlalu lama
Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image