Wasir Berdarah Ini yang Harus Anda Lakukan

Memastikan apakah seseorang terkena wasir berdarah umumnya tidak perlu pemeriksaan khusus. Dokter akan melakukan pemeriksaan kondisi sekitar area terdampak saja.

“Jika ada kecurigaan penyakit lain misalnya polip atau kanker, dokter akan menyarankan pemeriksaan khusus antara lain anuskopi (teropong anus), rektoskopi (teropong rectum), sigmoidoskopi bahkan kolonoskopi disertai biopsi untuk evaluasi lebih lanjut,” jelas Dokter Spesialis Bedah Klinik Vena Wasir Center dr Firdaus, SpB. Di daerah Bekasi, Jawa Bekasi, beberapa waktu lalu.

Baca juga : Wasir Sebabkan Anemia

Memulai pola hidup sehat dengan banyak minum air putih (6 sampai 8 gelas/hari), memperbanyak mengkonsumsi serat dari sayur dan buah-buahan merupakan langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kondisi hemoroid atau wasir berdarah. Beberapa obat-obatan mungkin diberikan dokter, seperti obat penghilangkan rasa nyeri, obat pencahar untuk atasi sembelit, pemberian zalf atau pil anus (supositoria) untuk mengurangi iritasi, serta antibiotik bila terjadi infeksi.

Langkah pembedahan diindikasikan untuk mereka penderita hemoroid derajat 3 dan 4, atau yang telah gagal dengan pemberian obat-obatan. Beberapa teknik pembedahan yang dilakukan dokter meliputi; hemorrhoid dectomi, konvensional, bipolar electrocoagulation, rubber band ligation, stapler, biological electrical impedance auto-measurement (BEIM), dan laser.

“Teknik BEIM, memiliki beberapa keuntungan seperti; jaringan luka langsung ditutup dengan panas yang dihasilkan dari alat, sehingga minimal perdarahan. Risiko terjadinya infeksi dapat dikurangi. Nyeri pascatindakan dapat diminimalkan,” jelas dr. Firdaus.

Pencegahan Wasir Berdarah

Pencegahan penyakit wasir bisa dilakukan dengan melakukan perubahan gaya hidup agar dapat mengurangi nyeri pada pembuluh darah anus dan sekitarnya. hal yang dapat dilakukan, di antaranya:

  • Meminum banyak air putih dan mengurangi konsumsi kafein dan minuman beralkohol.
  • Menambah asupan serat di dalam makanan.
  • Tidak menunda buang air besar.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Obat-obatan yang menyebabkan konstipasi harus dihindari penggunaannya.

Kapan Harus ke Dokter?

Segera hubungi dokter jika mengalami gejala-gejala yang telah dipaparkan tadi. Penanganan yang tepat dan cepat dapat meminimalisir komplikasi yang mungkin terjadi. Untuk informasi lebih lanjut terkait terapi wasir. Anda dapat menghubungi customer relation officer kami di nomor Hp/WA
0821-1033-3310. Terimakasih.


Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image