Wasir Itu Apa? Benarkah Lokasi Menentukan Gejala

Hemoroid atau wasir merupakan pembengkakan pembuluh darah vena di daerah anus atau bagian bawah rektum. Kondisi ini hampir sama dengan varises pada kaki, hanya saja letaknya yang berbeda. Wasir itu apa?

Penyebabnya bisa bermacam-macam, seperti kebiasaan mengejan saat buang air besar, atau peningkatanan tekanan pembuluh darah vena selama kehamilan. Hemoroid dapat terjadi dibagian dalam rektum (hemoroid internal), dapat juga terjadi di kulit anus (hemoroid ekternal).

Baca juga : Wasir Berdarah ini yang Harus Anda Lakukan

Kejadian hemoroid di masyarakat cukup tinggi, 3 dari 4 orang dewasa mengalaminya. Namun kebanyakan dari mereka tidak bergejala, sementara pada sebagian orang kondisi ini mungkin menimbulkan rasa gatal, tidak nyaman, nyeri dan perdarahan. Penyumbahan pembuluh darah vena di daerah rektum, juga dikatakan sebagai hemoroid, meski tidak membahayakan nyawa, kondisi ini akan sangat menyakitkan bagi penderitanya.

Beberapa tanda dan gejala yang sering muncul pada penderita hemoroid, meliputi; perdarahan dengan sedikit rasa nyeri saat buang air besar, darah segar mungkin akan terlihat di tinja atau toilet. Gejala lain seperti, gatal, iritasi sekitar anus, nyeri, dan pembengkakan di sekitar anus.

Lokasi Wasir Itu Apa Kah Menentukan Gejala

Hemoroid internal. Seperti namanya hemoroid ini tersembunyi dalam rektum, Anda tidak bisa melihatnya atau merasakannya, dan jarang menimbulkan rasa tidak nyaman. Namun saat Anda mengejan terlalu keras, hemoroid ini mudah pecah sehingga mengakibatkan perdarahan.

Terkadang hemoroid internal dapat keluar hingga anus dan teraba, terutama saat mengejan terlalu kuat. Kondisi yang demikian sering disebut juga sebagai prolaps hemoroid, dengan keluhan yang khas berupa nyeri dan iritasi.

Hemoroid eksternal. Hemoroid eksternal terjadi di kulit sekitar anus, saat mengalami iritasi hemoroid jenis ini akan menimbulkan rasa gatal, keinginan menyentuh dan menggaruk selanjutnya dapat menyebabkan terjadinya perdarahan. 

Vena Wasir Center menyediakan layanan medis untuk penderita wasir dengan harga yang terjangkau. Peralatan dengan metode modern tanpa rawat inap serta tenaga medis (dokter spesialis bedah) yang berpengalaman dalam pengobatan wasir atau ambeien. Tak hanya wasir atau ambeien, Vena Wasir Center juga melayani pengobatan gangguan anorektal lainnya seperti fisura, fistulani, abses perianal dan kondiloma.

Kami memiliki 6 klinik pada beberapa Kota di Indonesia, diantaranya; Bekasi, Jakarta, Tangerang, Depok, Semarang dan Medan.

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image