Wasir Merupakan Gangguan Yang Terjadi Pada Organ Mana?

Wasir merupakan gangguan yang terjadi pada organ rektum. Hemoroid atau yang biasa dikenal bahasa medis dari ambeien ataupun wasir adalah suatu kondisi gangguan pada anggota tubuh dimana terjadi pelebaran pembuluh darah yang berada di area sekitar anus. Pembuluh darah yang berada di sekitar anus ini biasanya akan mengalami teregang, teriritasi dan juga menipis.

Kondisi wasir dapat terjadi apabila terdapat kegiatan dengan resiko pemicu berulang seperti, mengalami kesulitan saat buang air besar. Kesulitan yang dialami oleh seseorang dalam melakukan buang air besar berujung pada terjadinya komplikasi wasir, yaitu anemia syok. Kondisi ini dapat terjadi saat penderita mengalami pendarahan dari pembuluh darah yang teriritasi.

Baca juga: Penyakit benjolan di dekat dubur buat kamu tidak nyaman? 

Diagnosis wasir 

Sebelum seseorang dinyatakan mengidap penyakit wasir, biasanya dokter telah melakukan serangkaian pemeriksaan kesehatan yang dimulai dari gejala hingga pengecekan riwayat medis. Wasir adalah gangguan yang terjadi pada organ dan memerlukan bantuan dari dokter untuk akan melakukan pemeriksaan Digital Rectal Examination (DRE) atau colok dubur. DRE sendiri, bertujuan untuk mengetahui kondisi rektum penderita apakah terdapat benjolan ataupun ada kelainan lain pada dubur. 

Kemudian, dokter juga akan melanjutkan tindakan medis lainnya seperti pemeriksaan endoskopi. Pemeriksaan dan tes ini bertujuan untuk melihat kondisi rektum dan juga saluran anus dengan menggunakan alat khusus yang dilengkapi dengan selang dan juga kamera. 

Pemeriksaan lainnya

Serangkaian pemeriksaan untuk mendiagnosis penderita wasir biasanya berupa proktoskopi, sigmoidoskopi ataupun anoskopi. Tindakan ini kembali bergantung dari sejauh apa penggunaan alat pemeriksaan pada penderita wasir. Lewat serangkaian pemeriksaan ini dokter bisa mengetahui kondisi saluran anus dan juga cincin pada otot yang mengalami kontraksi maupun relaksasi dengan lebih jelas. Selain itu, tujuan dilakukannya pemeriksaan ini juga untuk mengambil sampel jaringan ataupun biopsi.

Lalu, apa saja gangguan organ tubuh akibat wasir?

wasir merupakan gangguan yang terjadi pada organ

Wasir adalah gangguan yang terjadi pada organ, biasanya terdapat beberapa komplikasi penyakit muncul saat seseorang terkena wasir, seperti, 

Strangulated hemorrhoid, kondisi ini ini muncul ketika seseorang mengalami penyumbatan aliran darah ke area wasir. Jika hal ini terjadi penderita bisa merasakan sakit yang luar biasa. 

Anemia, seseorang yang mengalami pendarahan cukup hebat akibat wasir biasanya akan mengalami lemas dan juga kekurangan oksigen. Kondisi ini membuat penderita wasir menjadi letih, kehabisan nafas, sakit kepala hingga mual. 

Pengentalan darah, kondisi ini dapat terjadi ketika seseorang yang mengalami wasir mengalami pembekuan darah di dalam lumen pembuluh darah. Kejadian ini adalah komplikasi dari wasir luar. 

Infeksi, penderita wasir yang sering mengalami pendarahan akan mengundang bakteri dan juga infeksi jaringan. Jika hal ini tidak ditangani secara serius, maka dapat menimbulkan matinya jaringan, bengkak hingga bernanah di area wasir. 

Baca juga: Klinik Wasir Bintaro, Sembuhkan Wasir Dalam 5 Menit

Pencegahan wasir 

Mengubah pola dan gaya hidup bisa menjadi jalan yang baik untuk seorang penderita wasir agar dapat mengembalikan kualitas hidupnya, seperti, 

  • Mulai rutin minum air putih, penderita wasir disarankan untuk minum minimal 8 sampai 10 gelas setiap hari. Hal ini bertujuan untuk membuat feses yang dikeluarkan menjadi lebih mudah. 
  • Menambah serat pada asupan makanan setiap hari, tujuannya sama yaitu untuk melancarkan proses pembuangan feses. Dengan begitu penderita wasir tidak perlu mengejan terlalu keras saat ingin buang air besar. 
  • Tidak menunda buang air besar, tentunya ini akan bermasalah khususnya pada penderita wasir. Saat menahan buang air besar, otot dan pembuluh darah di area wasir jadi bekerja lebih ekstra. Akhirnya terjadilah pembengkakan yang menjadi salah satu faktor penyebab wasir.  
  • Mulai berolahraga secara rutin, selain itu sehat, berolahraga secara rutin juga dapat mengurangi tekanan pada vena. Hal ini menjadi penting untuk pencegahan wasir. Gaya hidup sehat yang sehat dengan berolahraga secara rutin serta melakukan deteksi dini pada penderita wasir bisa meminimalisir resiko yang lebih serius pada penderita di masa yang akan datang. 
Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image