Wasir pada Disabilitas, Sering Terjadi

Tidak hanya manusia normal yang dapat terkena penyakit wasir atau lebih dikenal dengan ambeien. Penyandang disabilitas fisik pun juga dapat terkena jenis penyakit itu. Mengapa Wasir pada Disabilitas terjadi? Sebelum lebih lanjut mengetahui apa penyebabnya, berikut pengertian dan macam-macam disabilitas.

Disabilitas atau difabel atau keterbatasan diri adalah istilah yang meliputi gangguan, keterbatasan aktivitas, dan pembatasan partisipasi. Gangguan dapat bersifat fisik, kognitif, mental, sensorik, emosional, perkembangan atau beberapa kombinasi dari kondisi ini.

Baca juga : Hemoroid pada Ibu Hamil

Tipe Disabilitas

Jenis-jenis disabilitas berdasarkan tipenya, dapat dikelompokan dalam beberapa jenis, diantaranya:

  • Tipe A. Disabilitas fisik yang ditandai seseorang mengalami tunanetra. Tunanetra ini dimaksud tidak dapat melihat atau buta.
  • Tipe B. Disabilitas fisik yang ditandai seseorang mengalami tunarungu. Tunarungu ini dimaksud tidak dapat atau kurang mendengar atau tuli.
  • Tipe C. Disabilitas fisik yang ditandai seseorang mengalami tunawicara. Tunawicara ini dimaksud tidak dapat berbicara atau bisu.
  • Tipe D. Disabilitas fisik yang ditandai seseorang mengalami tunadaksa. Tunadaksa ini dimaksud cacat pada bagian tubuh.
  • Tipe E1. Disabilitas fisik yang ditandai seseorang mengalami tunalaras. Tunalaras ini dimaksud cacat suara dan nada.
  • Tipe E2. Disabilitas mental yang ditandai seseorang mengalami tunalaras. Tunalaras ini dimaksud sukar mengendalikan emosi dan sosial.
  • Tipe F. Disabilitas mental yang ditandai seseorang mengalami tunagrahita. Tunagrahita ini dimaksud cacat pikiran atau lemah daya tangkap.
  • Tipe G. Disabilitas ganda yang ditandai seseorang mengalami tunaganda. Tunaganda ini dimaksud cacat lebih dari satu kecacatan.

Wasir pada Disabilitas Tipe D

Setelah mengetahui macam-macam disabilitas, tipe D rawan terkena wasir. Kenapa? Tunadaksa ini terjadi cacat pada bagian tubuh. Bagian tubuh yang diserang bagian kaki. Seseorang yang mengalami cacat pada bagian kaki, sering kali menggunakan kursi roda ataupun bantuan tongkat untuk berjalan.

Penyebab wasir atau ambeien sendiri pun salah satunya terlalu lama duduk ataupun terlalu lama berdiri. Semakin lama seseorang duduk, semakin rawan terkena wasir. Bagi penyandang disabilitas cacat fisik pada bagian kaki, bisa saja terkena wasir apabila tidak diimbangi dengan makanan tinggi serat, minum air putih yang cukup, dan tidak mengedan terlalu keras saat buang air besar.

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi customer relation Vena Wasir Center melalui WA atau Telepon. Terimakasih.

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image