Yang Harus Dilakukan Ketika Muncul Penyakit Benjolan di Dubur!

Penyakit benjolan di dubur bisa menjadi salah satu penyakit anorektal atau penyakit yang terjadi di area anus. Tak hanya mengganggu, munculnya benjolan di area anus juga bisa menjadi salah satu tanda penyakit serius berbahaya. Sehingga ketika kamu merasakan terdapat benjolan di area tersebut sebaiknya langsung segera memeriksakan diri mengenai kondisi yang kamu alami dengan dokter. Namun, kamu juga bisa mengetahui mengenai kondisi yang kamu alami dengan melihat gejala yang muncul. Untuk itu, yuk simak beberapa penyakit yang terkadang menimbulkan benjolan di area anus atau dubur.

Penyakit anorektal yang menimbulkan benjolan

Ada beberapa penyakit anorektal yang biasanya menimbulkan gejala munculnya benjolan pada area dubur, seperti:

Wasir atau ambeien

Penyakit umum ini merupakan salah satu penyebab sebagian besar penyakit benjolan di anus. Biasanya benjolan pada anus akan muncul ketika kamu selesai melakukan BAB. Benjolan ini merupakan akibat terhambatnya pembuluh darah di area rektum. Sehingga menimbulkan pembengkakan yang berbentuk benjolan. Sebagian penderita wasir akan merasakan nyeri luar biasa ketika benjolan tersebut tertekan. Seperti saat duduk, mengejan, hingga saat mengangkat beban berat. Meskipun bukan penyakit berbahaya, namun kamu tetap harus waspada jika mempunyai penyakit wasir. Pasalnya, bisa saja wasir menjadi akut dan menimbulkan komplikasi penyakit lainnya.

Fistula ani

Penyakit fistula ani merupakan kondisi di mana munculnya terowongan di antara usus dan anus akibat infeksi. Fistula ani ditandai dengan munculnya benjolan berisi nanah di sekitar anus. Selain itu, penderita juga biasanya merasakan nyeri dan pembengkakan di area dubur yang berbau busuk. Penderitanya juga terkadang sulit mengontrol keluarnya BAB. Kondisi ini harus segera mendapatkan penanganan dari dokter ahli.Kanker anus

Benjolan yang muncul di anus juga bisa menjadi pertanda bahwa kamu mengalami kanker anus. Seseorang dapat mengalami kanker anus, ketika terserah oleh virus HPV (Human Papilloma Virus) yang bisa menular saat berhubungan seksual. Gejala yang muncul terkadang mirip dengan gejala ambeien. Namun, penderita kanker anus biasanya mengalami perubahan feses yang menjadi berwarna hitam.

Baca juga: Tanpa Operasi, Ambeien Hilang dengan Terapi Laser 10 Menit!

Mengenali benjolan yang berbahaya

Benjolan yang muncul tiba-tiba di sekitar anus harus melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk mengetahui penyebabnya. Akan tetapi, sebagian besar benjolan yang muncul biasanya disebabkan oleh wasir ataupun kutil. Keduanya bisa hilang dengan sendirinya, kecuali pada kondisi akut yang sudah paraha. Kamu harus waspada jika benjolan yang muncul disertai dengan:

  • Perdarahan terus-menerus.
  • Berubahnya warna fese.
  • Mengeluarkan nanah.
  • Merasakan nyeri yang sangat mengganggu.
  • Merasakan keluhan lainnya.

Jika benjolan tersebut sudah sangat mengganggu, sebaiknya segeralah untuk menghubungi dokter untuk melakukan konsultasi.

Baca juga: Penyakit Benjolan di Dekat Dubur Buat Kamu Tidak Nyaman? 

Cara melakukan pengobatan pada benjolan

Pengobatan untuk menghilangkan benjolan biasanya dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Namun, kamu bisa mencoba meringankan sakit benjolan dengan cara merendamnya dengan air hangat. Untuk obat-obatan pengempis, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Atau kamu juga bisa datang ke klinik Vena Wasir Center. Klinik terbaik yang khusus menangani permasalahan penyakit pada anorektal.

Style switcher RESET
Body styles
Color scheme
Background pattern
Background image